Jumat, 22 Juni 2012

Kanawa, Pulau Kecil yang Menawan dari Nusa Tenggara Timur

Pulau Kanawa merupakan pulau kecil yang terletak sekitar 15 km dari Labuhan Bajo yang menjadi pintu gerbang Pulau Komodo. Bila ingin berkunjung ke Pulau Komodo, pastilah akan melewati pulau ini. Sangat cocok untuk tempat bersantai, berjemur ataupun bersnorkeling dan diving. Pulau ini tampak menyendiri dari lautan di sekelilingnya. Laut yang biru kehijauan, langit yang luas dan pasir pantai yang putih menjadi sajian pembuka saat mendaratkan kaki di pulau ini.
Untuk menjangkau tempat ini, Anda bisa menyewa kapal dari Labuhan Bajo. Jarak tempuh hanya memerlukan satu jam perjalanan. Luas pulau ini hanya 32 hektar. Pesona pantainya, akan membuat Anda takjub, pasir putihnya berbatasan dengan air laut yang biru kehijauan sehingga memancarkan panorama memukau. Sempurna! Saat sore hari, air laut akan surut dan saat itu pula Anda dapat megambil bintang laut dan kepiting kecil yang ada di pesisir pantai. Fenomena ini menjadi yang paling digemari wisatawan saat berkunjung ke Pulau Kanawa. Bintang-bintang laut yang lucu dapat Anda temukan langsung tanpa harus berenang. Terumbu karang di sekeliling pulau ini juga cantik dan masih alami. Saat matahari terik, pemandangan terumbu karang dapat Anda lihat langsung dari bukit.bukit. Dan jika ingn mengeksplor kekayaan alam bawah laut Kanawa, terdapat tempat penyewaan alat-alat snorkel dan juga diving center, yang akan memandu Anda saat menyelami dunia bawah laut Pulau Kanawa. Selain terumbu karang, aneka biota laut akan menjadi teman Anda saat menyelam. Berbagai macam jenis ikan laut yang berwarna-warni dapat Anda temukan disini. Silahkan juga bertemu dengan penyu, ikan pari dan mola-mola yang unik.
Bila Anda merencanakan menikmati keindahan pulau lebih lama, bungalow yang tersedia bisa menjadi persinggahan bagi Anda. Terdapat 13 cottages yang dapat menjadi tempat bermalam Anda. Penginapan tersebut cukup sederhana. Berdesain minimalis tapi sangat romantis. Dilengkapi tempat tidur nyaman, berkelambu putih dan tempat tidur ayunan yang diapit dua pohon rindang. Untuk kamar mandinya memiliki konsep semi open bathroom. 
Persediaan listrik dan air bersih di Pulau Kanawa masih sangat terbatas. Pengisian air bersih hanya satu kali, yaitu sekitar pk.16.00 WIT. Listrik hanya hidup dari pk.18.00 WIT sampai pk.23.00 WIT. Namun, ditengah malam yang benar-benar gelap gulita tersebut, Anda dapat menikmati malam dan menyaksikan keindahan rasi bintang. 
Di Pulau Kanawa juga terdapat restoran Starfish dan KB's Bar yang biasanya memutar lagu penuh semangat. Makanan di restoran Starfish ini dikelola langsung oleh pihak resort  yang adalah orang Italia, jadi menu seafood dan pizzanya patut Anda coba. 
Sebagai catatan, untuk pengunjung yang ingin bermalam, tak harus membayar ongkos perahu, karena pengelola resort menawarkan shuttle boat gratis untuk para wisatawan dari Labuhan Bajo. Untuk mengantar para tamu dari Labuhan Bajo kapal disediakan pada pk.12.00 WIT dan untuk mengantarkan kembali ke Labuhan Bajo kapal siap dari Pulau Kanawa pk.08.00 WIT.
Dengan suasana yang alami dan jauh dari keramaian, Pulau Kanawa hanya memberikan ketenangan yang dibalut dengan keindahan alam. 
Happy weekend...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water