Minggu, 29 Juli 2012

Salah Satu yang Cantik, Air Terjun Dolo Kediri

Air terjun Dolo terletak di desa Jugo, kecamatan Mojo, sekitar 25 km arah barat kota Kediri. Akses menuju ke sana, dari pusat kota Kediri ke arah barat menuju Besuki melalui Puhsarang, Kecamatan Semen. Akses ini merupakan jalan yang hanya menuju air terjun Dolo yang berliku-liku. Sekitar 4 km hingga di titik pemberhentian akhir kendaraan di area parkir. Jika dari pintu keluar airt terjun Irenggolo, ambil belokan ke kiri. Ketika sampai di pertigaan selanjutnya ambil jalan yang ke kanan. Ikuti jalan tersebut sampai tidak ada jalan lagi, karena ujung jalan ini merupakan lokasi parkir. Kondisi jalan ini sudah cukup lebar dan mulus, akan tetapi di beberapa bagian jalan sering terjadi longsor. Lokasi air terjun Dolo paling tinggi dibanding yang lain. Jalan ke sana menanjak tajam, jadi hati-hati bagi yang kendaraannya sudah renta, bisa-bisa tidak kuat untuk naik. Pemandangan di sepanjang jalan menuju air terjun Dolo tergolong istimewa. Di kanan jalan berupa hutan tropis lebat, sementara di kiri jalan terpampang panorama indah lereng gunung wilis. Titik tertinggi yang kita lewati untuk ke air terjun Dolo adalah 1400 m dari permukaan laut. Kebayang kerennya kan? Dari salah satu titik, kita bisa melihat kota Kediri dan kota Tulungagung nun jauh di bawah sana. Sesampai di area parkir kendaraan perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menurun lebih kurang 750 m menuju tempat air terjun berada. Turunan tersebut melalui anak tangga yang jumlahnya ada ratusan, membutuhkan waktu sekitar 10 menit dari tempat parkir menuju air terjun tersebut. 
Air terjun Dolo berada di bagian timur lereng gunung Wilis (2.850m) dengan ketinggian 1800 m dpl. Tumpahan airnya terbagi dalam tiga bagian, dimana bagian yang paling tinggi, sekitar 125 m dan di bawahnya sekitar 2-5m. Debit air yang dicurahkantidaklah terlalu besar, namun cukup menarik untuk dinikmati. Dan karena airnya tidak terlalu deras, wisatawan bisa mandi di bawah air terjunnya.
Kawasan wisata ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas pariwisata seperti taman bermain, camping ground, area untuk jogging, hiking, dll. Keindahan obyek wisata ini semakin lengkap dengan adanya udara yang segar dan sejuk khas pegunungan, suasana yang hijau dan tenang dan kealamian dari air terjunnya sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water