Minggu, 05 Agustus 2012

A i Lofoten

Kepulauan Lofoten terletak di Norwegia bagian utara Lingkaran Arktik, tepatnya di 68-69 derajat LU Lingkaran Arktik dan terkena dampak dari anomali temperatur Artic. Merupakan tempat yang paling utara di dunia dimana suhu rata-rata di atas nol sepanjang tahun. Di bulan Januari suhu rata-rata -1,5 C dan pada bulan-bulan musim panas memiliki rata-rata 13 C selama 24 jam sepanjang hari. Suhu terpanas yang pernah tercatat adalah 30,4C. Antara tanggal 4 Desember dan 7 Januari, matahari tidak terbit di Lofoten. Sebaliknya antara 25 Mei dan 17 Juli, matahari tidak pernah benar-benar tenggelam. . Lofoten dikenal di Norwegia karena keindahan alamnya yang luar biasa namun sepertinya reputasinya belum mendunia, walaupun Lafoten tentu saja sudah memenuhi syarat untuk menjadi salah satu tempat dengan pemandangan alam yang luar biasa indah di planet ini. Lofoten juga merupakan salah satu tempat di mana pengunjung dapat menikmati Aurora Borealis, fenomena cahaya terindah yang hanya terjadi di belahan bumi utara. Pegunungan yang nampak berwarna ungu dan padang rumput hijau, cahaya dari perahu nelayan dan rumah panggung berwarna merah dalam pantulan laut berwarna biru. Belum lagi dengan suasana yang memberikan ketenangan bagi para pengunjungnya. Hal itu membuat Lafoten menjadi sebuah kota yang disebut dengan “An Arctic Paradise”
Kita dapat menemukan banyak laut-laut dalam dengan gugus terumbu karang air terbesar di dunia. Ada jutaan burung laut dengan banyak spesies seperti elang laut, cormorant dan Puffin. Juga terdapat spesies berang-berang dan rusa
Para penduduk di sekitar memberikan nama untuk salah satu pulau yang dikenal sebagai Vestvågøya dan pulau lain, Flakstadøya, yang berarti kaki serigala karena pulau tersebut memang berbentuk seperti jejak kaki serigala. Sekarang, seluruh wilayah kepulauan ini dikenal sebagai Lofoten dan termasuk daerah kabupaten di Norwegia Nordland
Karena iklimnya yang unik, Lafoten pun menjadi pusat perikanan Cod terbesar selama lebih dari ribuan tahun yang lalu. Ikan Cod bermigrasi ke selatan dari Laut Barents berkumpul di Lofoten untuk bertelur dan industri perikanan telah lama memanfaatkan kondisi itu. Selama berabad-abad Norwegia adalah tempat dari mana sejumlah besar cod diekspor ke sebagian besar Eropa Utara.
Bahkan garis dari pulau-pulau ini terdiri dari tembok-tembok alam dengan tinggi sekitar 1100 meter. Gunung dan tebing-tebing di sisi utara Vestfjord melindungi daerah tersebut. Namun apa yang sebenarnya yang menciptakan anomali lingkaran Artik? Jawabannya adalah Teluk Streams bersama dengan Current Norwegia dan Atlantik Utara. Melihat sungai yang mengalir lembut saja sudah cukup untuk membuat kita bertanya-tanya apakah kita memang sedang berada di dalam Lingkaran Arktik.
Lofoten juga terkenal dengan hamparan pantai berpasir yang indah. Namun ada bahaya yang siap menghantui. Pasang Malstrøm dikenal sebagai pusaran pasang surut di Lofoten barat. Namun umumnya pantai di Lafoten aman. Pada akhir tahun, biasanya paus-paus Orca banyak berdatangan ke pantai-pantai Lofoten untuk mencari laut hangat.
Ada 3 bandara lokal yg masing-masing hanya melayani lebih dari 100 orang saja setiap harinya. Cukup mengherankan untuk sebuah Kepulauan dengan keindahan yang luar biasa . Tapi UNESCO telah lama menobatkan Lofoten sebagai sebuah Situs Warisan Dunia.  Pulau-pulau yang menjadi tujuan utama adalah, Austvagoy, Vestvagoy, Flakstad dan Moskenes. Dan merupakan daya tarik tersendiri bagi penulis dan seniman serta pecinta alam. Climbing, hiking, berkuda, bermain kano, bersepeda, arung jeram dan memancing merupakan kegiatan yang sangat populer. Sedangkan keberadaan Puffins, Cormorants, guillemots, elang dan anjing laut merupakan daya tarik bagi para pengamat satwa liar. Bagaimana, apakah anda mau mencoba untuk berpetualang di Lofoten ??




sumber: berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water