Selasa, 14 Agustus 2012

KATEDRAL SANTO BASIL

Katedral Intersesi di Bukit (bahasa Rusia: Собор Покрова что на Рву, Sobor Pokrova chto na Rvu, lebih dikenal dengan nama Katedral Santo Basil yang Diberkati atau Katedral Santo Basil saja) adalah gereja yang mempunyai banyak kubah berbentuk bawang di kompleks Lapangan Merah, Moskwa, yang secara tradisional dipandang sebagai simbol posisi unik Rusia di antara Eropa dan Asia. Katedral Santo Basil terletak di ujung sebelah tenggara Lapangan Merah, (55°45′08.88″LU,37°37′23.00″BT), persis di seberang Menara Spasskaya dari Kremlin. Bangunan ini tidak begitu besar, dan terdiri dari sembilan kapel dibangun dengan fondasi tunggal.
Konsep awal katedral ini adalah sebuah kumpulan kapel, masing-masing dipersembahkan kepada setiap santo yang hari pestanya jatuh pada saat Tsar menang dalam suatu pertempuran. Namun pembangunan sebuah menara tunggal mempersatukan ruang-ruang ini menjadi satu katedral.  Bagian tengah dari bangunan ini, sungguh tinggi dan memiliki interior yang luar biasa indah. Di bagian dalam ada ruangan utama dan di sepanjang koridor katedral ini banyak terdapat ornamen di dindingnya. Masing-masing kubah awalnya di dirikan dengan keunikan berdasarkan simbol keyakinan untuk memberikan gambaran tentang Jerusalem Baru, yakni Kerajaan Surga yang dilukiskan di Kitab Wahyu.
Pembangunan katedral ini diprakarsai oleh Ivan The Terrible dan dibangun antara 1555 dan 1561 di Moskwa untuk memperingati direbutnya Kekhanan Kazan. Pada 1588 Tsar Fedor Ivanovich menambahkan sebuah kapel di sisi timur di atas kuburan Basil yang Diberkati (yurodivy Vassily Blazhenny), seorang santo Ortodoks Rusia yang dijadikan sebagai nama katedral ini.
Di sebuah taman di depan katedral berdiri sebuah patung tembaga untuk memperingati Dmitry Pozharsky dan Kuzma Minin, yang mengumpulkan pasukan relawan Rusia dalam menghadapi serbuan Polandia pada Masa Kesusahan pada akhir abad ke-17 dan awal abad ke-18. Patung ini mulanya ditempatkan di tengah Lapangan Merah, namun pemerintah Soviet merasa patung itu menghalangi parade, dan oleh karena itu patung kemudian dipindah di depan katedral tahun 1936.





Sumber:  http://id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water