Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Senin, 17 Desember 2012

Air Terjun Temurun, Air Terjun Unik Desa Batu Belah Kepulauan Riau

Air Terjun Temurun atau Temburun terletak di desa Batu Belah, Pulau Siantan, sebelah timur kota Tarempa, Kabupaten Anambas, Propinsi Kepulauan Riau.
Air Terjun ini memiliki tujuh tingkatan yang bermuara pada Selat Peniting dengan posisinya yang menghadap langsung ke pantai. Di muara itu terdapat ekosistem mangrove yang sebagian besar terdiri dari bakau dengan substrat lumpur. Air Terjun ini berasal dari sungai Baruk yang berada pada ketinggian 250 meter dpl dan memiliki ketinggian 100 meter dari tingkat paling bawah ke tingkat paling atas.
Debit air terjun Temurun ini tidak pernah berkurang meskipun pada waktu musim kemarau.
Menuju lokasi air terjun memang tidak mudah. Dari ibu kota Kecamatan Siantan harus naik pompong, yaitu sejenis perahu tradisional daerah setempat selama kurang lebih 30 menit.  Setelah sampai di Pulau Siantan, harus berjalan kaki sejauh 200 meter. Untuk mencapai tingkatan ke tiga harus berjalan kaki menanjak sejauh 200 meter. Bila mencapai tingkat ke tujuh, Anda bisa melihat panorama laut yang sangat jelas dan luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water