Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Sabtu, 12 Januari 2013

Keindahan Pulau Maratua Kalimantan Timur


Pulau Maratua dan Derawan adalah tujuan wisatawan mancanegara setelah Raja Ampat, Papua. Pulau Maratua adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan Negara Malaysia. Pulau Maratua ini merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Indonesia. Pulau berbentuk kecil panjang dan lengkung tajam ini berada di sebelah selatan dari Kota Tarakan.
Untuk menuju Pulau Maratua, memerlukan waktu yang cukup lama. Dari Balikpapan bisa naik pesawat ke Tanjung Redep, ibu kota Kabupaten Berau Kalimantan Timur, waktu normalnya sekitar 3 sampai 4 jam dengan menggunakan speedboat. Jika ingin melalui Tanjung Batu, ibu kota kecamatan Pulau Derawan, terlebih dulu melalui jalur darat yang dapat ditempuh 2 jam perjalanan dari Tanjung Redep. Setelah itu menggunakan speed boat sekitar 30 menit.
Wisatawan mancanegara sering berkunjung ke pulau ini untuk snorkeling maupun diving. Pulau Maratua dikenal dengan sebutan Paradise Island, surganya para diver dan pemburu wisata kelautan. Di pulau ini terdapat pula Danau Haji Buang dan Danau Tanah Bamban.
Pulau ini memiliki beberapa resort berkelas dunia yang menawarkan penginapan yang menyatu di tengah keindahan pulau. Rumah-rumah penginapan ini ada yang dibangun di atas air, sehingga pengunjung dapat berinteraksi dan menikmati keindahan biota laut Pulau Maratua.
Pulau Maratua memiliki keunikan biota. Beragam spesies unik khas pulau ini di antaranya adalah penyu dan ubur-ubur tanpa sengat.
Beberapa titik penyelaman (dive spot) tersebar di sekita pulau ini. Di sini para penyelam bisa bercengkerama dengan penyu hijau dan ikan-ikan eksotik. Jika beruntung, penyelam bisa melihat ikan hiu treasure. Untuk menyaksikan ikan manta yang elok, penyelam bisa bergeser ke titik penyelaman di sekitar pulau Sangalaki dan Pulau Derawan yang tak jauh dari Pulau Maratua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water