Kamis, 10 Oktober 2013

Bersantai Dan Menikmati Panorama Pantai Burung Mandi, Belitung


Burung Mandi adalah nama sebuah gunung di timur laut Belitung, kira-kira 18 km arah barat kota terbesar kedua Manggar. Ini adalah pantai berpasir putih seperti umumnya pantai-pantai Belitung, tetapi uniknya, kita tidak akan menemukan satu pun batu granit di pantai ini kecuali hanya pasir putih sepanjang pantai dan ratusan pohon pinus laut yang menjadi pembatas antara pantai dan daratan. Dengan latar belakang gunung Burung Mandi. Ini membuat pantai ini berbeda, karena di sini adalah satu-satunya pantai Belitung yang memiliki gunung sebagai latar belakang. Jarak Burung Mandi ke bandara kira-kira 70 km, bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam. Tidak ada hotel di tempat ini, kota terdekat adalah Manggar, berjarak 18 km dan 90 km dari pusat kota Tanjung Pandan.
Jika ingin ke pantai Burung Mandi, sebaiknya berangkat di pagi hari. Khusus bagi yang mengharapkan untuk melihat sunset, kita tidak akan pernah menemukan sunset yang indah di sini, karena semua pantai menghadap ke timur.
Lokasi pantai mudah dijangkau oleh semua jenis kendaraan. Panjang pantai sekitar 1,5 km. Pantai ini juga sebagai tempat bagi nelayan untuk melabuhkan perahu. Perahu-perahu yang digunkan nelayan di sini di sebut Kater, yaitu perahu kayu dengan dua lengan pada sisi kiri dan kanan yang berfungsi sebagai penyeimbang.
Perahu nelayan yang berjajar menjadi ciri khas di sepanjang pantainya dengan laut biru yang tenang, hamparan pasir putih yang halus di sepanjang pantai dengan kondisi yang landai.
Pantai ini dilengkapi dengan gazebo-gazebo permanen yang dapat dijadikan tempat bersantai sembari menikmati panorama pantai. Terdapat pula warung-warung sederhana yang menyediakan berbagai macam minuman dan makanan. Kita bisa memesan makanan dengan menu utama seperti ikan, cumi dan udang. Ada pula panggung pentas. Panggung pentas ini sering digunakan sebagai panggung pentas hiburan musik atau pertunjukan seni pada hari-hari tertentu.
Tak jauh dari pantai ini terdapat Vihara Dewi Kwan Im San. Tempat ini dikenal sebagai tempat ibadah Kong Fu Chu terbesar di Belitung. Dari tempat ini, kita bisa memandang laut lepas di sekitar pantai Burung Mandi. Meskipun tempat ini tempat religius, pengunjung bisa datang kapan saja untuk berwisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water