Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Senin, 14 Oktober 2013

Mengunjungi Hiroshima, Jepang


Hiroshima (広島市 Hiroshima-shi?) adalah kota di Jepang, tepatnya di bagian barat Prefektur Hiroshima, bagian selatan wilayah Chugoku, barat daya pulau Honshu. Pada zaman dulu merupakan ibu kota Provinsi Aki dan sekarang merupakan ibu kota Prefektur Hiroshima.
Merupakan kota pelabuhan di tepi Laut Pedalaman Seto yang dikenal sebagai pusat industri tekstil dan barang-barang dari karet. Kota ini didirikan pada abad ke-16 sebagai kota istana di delta Sungai Ota.
Juga meruakan kota pertama di dunia yang pernah dijatuhi bom atom di akhir Perang Dunia II, 6 Agustus 1945. Sekarang, Hiroshima terkenal di dunia sebagai kota perdamaian. Monumen Perdamaian Hiroshima (Genbaku Dome) terletak di pusat kota Hiroshima.
Secara harafiah Hiroshima berarti "pulau luas." Pada waktu itu istana didirikan di tengah pulau (daratan) yang paling luas di tengah-tengah delta sungai.
Hiroshima merupakan kota utama di wilayah Chugoku. Pada zaman Edo, Hiroshima merupakan kota di sekeliling istana untuk Han Hiroshima. Sejak zaman Meiji hingga berakhirnya Perang Dunia II, Hiroshima merupakan pusat industri militer dan logistik untuk keperluan perang.
Ada beberapa tempat yang bisa kita kunjungi bila berada di sini antara lain

Monumen Perdamaian Hiroshima

adalah bangunan monumen yang terletak di pusat kota Hiroshima, Prefektur Hiroshima, Jepang. Monumen yang berupa sebagian gedung yang tersisa akibat ledakan bom atom merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1996. Monumen merupakan simbol harapan umat manusia untuk perdamaian dunia dan pemusnahan senjata nuklir.
Terletak di dalam Taman Monumen Perdamaian Hiroshima yang terletak di sisi jembatan Aioi yang membentuk huruf T. Di sebelah selatan terdapat sungai Motoyasu, di sebelah utara terdapat jalur trem dalam kota Hiroden, stasiun trem bernama Genbaku Dome-mae dan stadion baseball yang merupakan homebase tim baseball Hiroshima Carp. Sekitar 200 meter di sebelah timur terdapat rumah sakit Shima-byōin yang merupakan hiposenter ledakan nuklir.
Bangunan bergaya Arsitektur Barok bercampur dengan detail ornamen bergaya gerakan seni Art Nouveau Wina (Vienna Secession). Perancang oleh arsitek dari Ceko yang bernama Jan Letzel. Bangunan berlantai 3 dengan sebagian gedung terdiri dari 5 lantai dan lantai bawah tanah.
Pada tanggal 6 Agustus 1945 pukul 08:15 pagi, bom atom yang bernama Little Boy meledak di udara pada ketinggian 580 meter, di atas lokasi yang terletak sekitar 200 meter sebelah tenggara gedung.
Pada tahun 1966, sisa-sisa gedung diputuskan untuk dilestarikan selama-lamanya berdasarkan keputusan parlemen kota Hiroshima. Pekerjaan pemugaran dilakukan agar sisa-sisa gedung bisa bertahan dari berbagai macam keadaan cuaca. Pemerintah Jepang menetapkan sisa-sisa gedung sebagai situs bersejarah pada tahun 1995, sedangkan UNESCO menetapkan Monumen Perdamaian Hiroshima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tanggal 5 Desember 1996.

Taman Monumen Perdamaian Hiroshima

adalah taman yang terletak di pusat kota Hiroshima, Jepang yang di dalamnya terdapat berbagai monumen dan museum yang bertujuan untuk mengingatkan umat manusia akan pentingnya perdamaian.

Hiroshima Castle

adalah istana yang terletak di kota Hiroshima, Prefektur Hiroshima, Jepang.
Pertama kali dibangun pada tahun 1589, Istana Hiroshima merupakan pusat kekuasaan daimyo wilayah han Hiroshima. Bom atom yang dijatuhkan di kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945 menghancurkan seluruh bangunan istana. Istana yang ada sekarang merupakan replika yang dibangun pada tahun 1958 dan berfungsi sebagai museum sejarah Hiroshima periode sebelum Perang Dunia II
Menara utama yang berwarna hitam seperti warna ikan koi atau parit di sekeliling istana yang banyak terdapat ikan koi menjadi alasan Istana Hiroshima dikenal sebagai istana ikan koi.
Istana Hiroshima dibangun di atas tanah delta yang lembek, distribusi bobot tembok batu yang harus merata memerlukan teknik khusus. Bangunan istana yang asli dibangun dari kayu dan selesai sekitar tahun 1592 atau tahun 1599.
Lantai atas tembok batu bangunan Honmaru yang terdiri dari dua tingkat menjadi runtuh akibat perbaikan yang dilakukan oleh Fukushima Masanori. Hasil perbaikan yang gagal oleh Fukushima Masanori masih bisa dilihat sekarang ini..
Di dalam lingkungan Istana Hiroshima hanya terdapat beberapa bangunan:
  • Menara utama. Replika menara utama terbuat beton yang meniru tampak luar bangunan menara utama yang asli. Menara dibangun sehubungan dengan penyelenggaraan pameran pemulihan kota Hiroshima pada tahun 1958. Bangunan terdiri dari 5 lantai dengan ketinggian 26,6 meter diatas batu fondasi yang berketinggian 12,4 meter di atas permukaan tanah.
  • Menara pengawas (Ninomaru Hirayagura, Tamon yagura, Taiko yagura) dan pintu gerbang Omotegomon.. Semuanya merupakan replika bangunan dari kayu yang selesai dibangun pada tahun 1994.
  • Kuil Hiroshima Gokokujinja.Kuil Shinto yang menempati bekas Honmaru dan banyak dikunjungi orang yang melakukan Hatsumode pada awal tahun baru.
  • Bangunan lain: stasiun televisi Chūgoku Hōsō (RCC) yang merupakan bagian jaringan televisi TBS, patung Ikeda Hayato (politisi kelahiran Hiroshima di zaman Meiji), lapangan bola voli dan air mancur.

Shukkeien Garden

Dikenal dengan nama Bridges in Shukkeien adalah salah satu taman yang paling bagus di Jepang. Shukkeien Hiroshima adalah taman bergaya Jepang. Shukkeien Hiroshima mulai dibangun pada tahun 1620. Konsep dari tempat ini adalah pengumpulan dan membuat miniatur dari banyak pemandangan yang dianggap indah. Di tengah-tengah taman terdapat kolam yang diberi nama Takuei yang terdiri dari 10 bebatuan yang sangat bervariasi ukurannya. Di sekeliling kolam Takuei ini terdapat pegunungan, lembah, jembatan, dan rumah untuk minum teh yang ditata dengan sangat indah. Banguan utama dari Shukkeien Hiroshima berada dekat dengan taman utama, yang dikenal dengan Seifukan. Seifukan adalah bangunan rumah untuk minim teh yang bergaya Sukiyazukuri dengan atap tunggal. Di bagian barat dari Seifukan terdapat ruang tidur atau cottage yang sangat elegan dan di bagian utara terdapat jendela katomado yang memperlihatkan pemandangan yang sempurna dari taman ini.

Mitaki-dera Hiroshima

Mitake adalah bagian kecil dari prefektur Hiroshima di Jepang yang berada di sebelah utara dari sungai Oota dan berada di sebelah barat laut stasiun Yokogawa.
Ada area kuil yang ada di Mitake. Disana terdapat hutan yang dapat membuat relaks para pengunjung. Kuil   yang berada di Mitaki-dera Hiroshima ini terkenal dengan pagoda-pagoda yang terbuat dari kayu yang dipersembahkan bagi Kanon atau dewa pengampun. Tempat kuil ini terletak di puncak gunung Mitaki di dekat tempat yang sering disebut dengan lembah sunyi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water