Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Selasa, 25 Maret 2014

Pusat Kerajinan "Batik Druju", Malang

Beberapa tahun lalu, nama Desa Druju mungkin masih belum begitu dikenal oleh masyarakat. Namun, kini nama kawasan Desa Druju telah menjadi cukup populer, khususnya sebagai pusat kerajinan batik malangan.
Batik malangan memiliki perbedaan yang sangat mendasar bila dibandingkan dengan motif batik khas Jawa Tengah. Motif batik malangan lebih kontemporer yang salah satunya ditunjukkan dengan penggunaan warna-warna yang lebih variatif dan berani. Selain itu, motif batik malangan diambil dari lingkungan sekitar dan kebanyakan diantaranya juga mengaplikasikan bentuk-bentuk yang menjadi simbol kota Malang. Maka jangan heran apabila menemukan batik dengan motif singa di tempat ini, sebab singa memang identik dengan julukan warga kota Malang dan Aremania, Singo Edan. Beberapa motif lainnya seperti padma, sulur-suluran, kupu-kupu, dan berbagai jenis motif lain yang diambil dari alam, juga bisa ditemukan di tempat ini.
Pembuatan batik hampir semuanya dikerjakan dengan metode tulis. Beberapa yang lainnya dikerjakan dengan metode kombinasi antara batik cap dan tulis. Dengan metode yang cukup rumit, maka tak heran apabila harga yang dibandrol untuk setiap lembar bisa mencapai jutaan rupiah. Sebab, selain prosesnya yang cukup rumit, pembuatannya pun membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk menyelesaikan satu lembar, paling tidak dibutuhkan waktu 15 hari.
Namun, hal ini pulalah yg kemudian menjadikan batik menjadi kian populer, bahkan produk-produknya pun telah dipasarkan hingga ke luar negeri. Demikian populernya batik, di masa kini  batik  tidak hanya dipakai sebagai baju atau pakaian saja. Banyak bentuk modifikasi berbagai keperluan rumah tangga yang berasal dari batik, seperti tas, sandal, sepatu, sprei, taplak meja, kerudung, aksesoris, suvenir, dan lain sebagainya.
Ditengah ditetapkannya batik sebagai warisan dunia oleh Unesco, tentunya ada kebanggan bagi kita untuk melestarikan dan memakai batik. Bagi yang berkunjung ke Malang, datang saja ke Desa Druju, Smbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water