Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Rabu, 16 Juli 2014

Kesenian Karawitan Jegog Kekayaan Budaya Bali

Wisata Sankaragung merupakan salah satu tujuan wisata populer di Jembrana, Bali. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara yang ingin menyaksikan kesenian khas Bali yaitu kesenian karawitan Jegog.
Seni Jegog ini sebenarnya adalah kesenian kuno di Pulau Dewata yang merupakan kesenian dengan alat musik yang terbuat dari bambu dengan ukuran yang besar dan menghasilkan suara merdu serta irama yang menawan. Sekitar 90 persen instrumentasi yang digunakan dalam kesenian ini menggunakan bambu sebagai bahan utamanya, dalam berbagai ukuran. Dimulai dari ketebalan yang terbesar adalah panjang 300 cm, diameter 18 cm dan ketebalan 2 cm.
Jegog  biasanya dimainkan oleh dua kelompok yang  menunjukkan kekuatan dan kemampuan mereka dalam bermain musik satu sama lain. Hal ini disebut juga  Mebarung, dimana terkadang ditambah dengan satu kreatifitas  tarian yang menarik dan lagu-lagu oleh para pemain tim, sehingga menghasilkan suatu karya seni yang  begitu fantastis, padat dan alami. Kesenian ini biasanya banyak mengundang perhatian dan decak kagum turis asing dari mancanegara yang sangat mungkin hanya disini mereka bisa menyaksikannya.
Saat ini, ada sekitar 56 kelompok Jegog tinggal di banyak desa. Suar Agung adalah salah satu dari kelompok Jegog yang berada di desa Sangkaragung, 5 km sebelah timur Negara, dimana sebagian besar para pemainnya adalah petani Bali yang mengisi waktu senggang mereka dengan bermain Jegog. Kesenian Jegog telah sangat popular di dunia khususnya bagi wisatawan Jepang. Jegog Sangkaragung tampil di Jepang setiap tahunnya lebih dari tiga kali.
Sedangkan didesa Sangkaragung sendiri Jegog dipentaskan untuk wisatawan setiap hari Minggu dan Kamis di Sanggar Jegog Suar Agung.
Untuk melihat pertunjukkan Jegog ini, Anda harus membayar tiket masuk yang bisa Anda dapatkan langsung dari sana atau membelinya melalui agen wisata. Agen wisata biasanya juga sudah memasukkan kesenian ini ke dalam daftar paket liburan.
Dalam pertunjukkan ini Anda juga bisa melihat atraksi pertarungan tabuh jegog. Wisatawan juga dapat belajar memainkan (menabuh) jegog di sanggar ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water