Kamis, 21 Agustus 2014

Pegunungan Hijau Dan Hawa Sejuk Taman Wisata Bumi Kedaton, Lampung

Taman Wisata Bumi Kedaton adalah salah satu obyek wisata di daerah Bandar Lampung yang menawarkan nuansa pegunungan dan berhawa sejuk. Taman wisata ini berada pada ketinggian 700 - 900 meter di atas permukaan laut dengan menempati lahan bekas area perkebunan durian, terletak di Jalan Dr Setia Budi , Desa Batu Putuk, Kecamatan Teluk Betung, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.
Lokasi taman wisata sengaja dipilih berada tidak jauh dari kota Bandar Lampung,  sekitar 7 kilometer dari kota Bandar Lampung agar masyarakat sekitar mudah untuk berkunjung dan mendapatkan hiburan alternatif di tempat ini. Untuk sampai ke lokasi hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 20 menit. lokasi cukup mudah ditemukan karena telah ada sejumlah papan nama penunjuk arah yang terpampang di pinggir jalan, mulai dari Jalan Pangeran Emir M Noor, Kota Bandar Lampung, menuju arah Kampung Sukareme II dan berakhir di lokasi, Desa Batu Putuk
Taman Wisata Bumi Kedaton dilengkapi dengan berbagai macam paket rekreasi keluarga, diantaranya area perkemahan yang berada di sisi sungai yang mengalir di areal Taman Wisata yang berasal dari lereng gunung Betung dan outbond, kolam renang, area bermain, jembatan gantung, olahraga dayung di sungai, koleksi tanaman langka dan sebagainya. Taman wisata ini juga dilengkapi taman margasatwa dengan berbagai koleksi hewan khas Sumatera seperti gajah Sumatera, siamang, buaya, beruk, kera ekor panjang, ayam hutan, elang, biawak serta berbagai jenis ayam dari Cina, Arab dan Australia. Arena atraksi gajah tersedia bagi pengunjung berikut paket naik gajah di seputar lokasi dengan pawang gajah yang siap melayani pengunjung, naik kereta gajah. Paket khusus tracking gajah disiapkan bagi pengunjung demikian pula aktivitas berkuda di sekitar lokasi, dan atraksi-atraksi lainnya. Koleksi satwa secara bertahap akan dilengkapi terutama dengan tujuan lebih memperkenalkan kekayaan fauna Nusantara, khususnya Sumatera.
Taman Wisata Bumi Kedaton menyuguhkan panorama alam yang mempesona mulai dari perjalanan hingga ke lokasi. Dari jalan yang menanjak dan berliku, pengunjung sudah dapat merasakan suasana hutan dan dapat melihat sebagian wilayah kota Bandar Lampung. Di sepanjang jalan juga dipenuhi pedagang buah-buahan segar seperti manggis, duku, pisang dan palawija. Saat musim panen durian, kita bisa menikmati durian segar yang baru jatuh dari pohon dengan harga relatif murah.
Wisata pendidikan juga ditawarkan di tempat ini. Beraneka ragam fauna khas Sumatera maupun fauna Nusantara serta beragam tanaman langka, rumah panggung khas Lampung yang berdiri kokoh ada dalam lokasi ini.
Taman wisata ini juga dilengkapi cafe dan restoran yang menyajikan aneka kuliner Lampung. Menu-menu yang ditawarkan, misalnya gurame bakar, ayam panggang dan berbagai menu khas Lampung lainnya.
Juga menyediakan fasilitas penginapan berupa cottage yang terdiri dari beberapa jenis dengan tarif sewa yang bervariasi, diantaranya Cottage Standard Room, Suite Nusa Indah dan President Suite. Selain itu, ada juga Traditional House (rumah panggung).
Fasilitas Taman Wisata Bumi Kedaton cukup memadai, mulai dari area parkir yang luas, MCK, aula pertemuan dan penginapan. Oleh-oleh khas Lampung bisa kita dapatkan di lokasi di Jalan Teluk Betung yang terkenal sebagai salah satu sentra oleh-oleh khas Lampung seperti kripik pisang, kripik singkong, dodol Lampung, sambal udang dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water