Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Jumat, 07 November 2014

Bukit Gundaling, Berastagi Sumatera Utara

Bukit Gundaling berjarak sekitar 3 kilometer dari pusat kota Berastagi, berada diketinggian sekitar 1.575 meter dari permukaan laut. Bukit tersebut banyak ditumbuhi oleh Pohon-pohon Pinus dan terlihat indah bila dilihat dari bawah kota Berastagi. Untuk menuju bukit Gundaling dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa angkutan dari Berastagi karena jumlah angkutan umum minim.
Jalanan menuju bukit Gundaling penuh dengan tanjakan dan cenderung sempit serta jurang yang terjal. Namun pesona keindahan pemandangan alam sudah langsung terlihat disepanjang perjalanan menuju puncak bukit Gundaling
Bukit Gundaling banyak ditumbuhi pohon pinus dan dipuncak bukit juga terdapat taman yang banyak ditumbuhi oleh bunga-bunga yang indah serta patung-patung manusia yang mengenakan pakaian adat khas suku Batak Karo.
Dipuncak bukit Gundaling juga terdapat sebuah tempat yang disediakan dan berfungi sebagai titik guna memandangi keindahan kota Berastagi dan hamparan perbukitan yang berbaris dengan indah. Tidak hanya itu, kita juga dapat melihat keindahan gunung Sibayak dan gunung Sinabung dari puncak bukit Gundaling tersebut.  Pesona sunset yang mengagumkan dapat dilihat di puncak bukit Gundaling.
Disisi lain bukit Gundaling juga menawarkan pemandangan yang mempesona pada malam harinya. Kita dapat menikmati keindahan pemandangan kota Berastagi diterangi oleh lampu-lampu kota yang menjadi keindahan tersendiri.
Disepanjang jalan dipinggiran bukit Gundaling juga banyak terdapat warung-warung yang mengarah langsung menghadap ke Berastagi. Warung tersebut juga menyediakan berbagai makanan dan minuman ringan.
Ada lagi yang tak kalah seru dan menyenangkan, yaitu menikmati sensasi menunggang Kuda mengelilingi bukit Gundaling.
Bagi wisatawan yang ingin bermalam, ada tempat-tempat penginapan disekitar bukit Gundaling. Disekitar penginapan tersebut juga banyak terdapat restoran-restoran yang menyediakan makanan dan minuman. Untuk oleh-oleh, dipuncak bukit Gundaling juga terdapat beberapa tempat yang memang menjual pernak-pernik serta beragam oleh-oleh yang bisa dijadikan buah tangan. kita juga dapat membeli buah dan bermacam-macam jenis tanaman hias yang juga dijual pada tempat tersebut
Hanya sayang, bukit Gundaling yang sebenarnya adalah tempat untuk bersantai dan menikmati udara pegunungan keadaannya sudah sangat ramai dan banyak sekali kotoran kuda sehingga udara menjadi kurang nyaman, toko souvenir juga berjejal di mana-mana sehingga tidak nyaman untuk bersantai. Kebersihan toilet juga sangat kurang.
Bukit Gundaling sebetulnya merupakan lokasi yang cukup bagus apabila di tata dan di rawat dengan baik. Namun sepertinya tempat ini tidak dirawat dengan baik. Tidak adanya penunjuk jalan menuju tempat ini, membingungkan wisatawan untuk berkunjung, kalau pun ada hanya berupa rambu-rambu yang cukup kecil tanpa keterangan jarak. Jika Anda tidak mempunyai GPS, mungkin akan kesulitan untuk kembali ke Berastagi karena tidak ada penunjuk arah yang jelas. Mungkin Anda akan berakhir di lereng Sibayak atau tempat buntu lainnya hehehe....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water