Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Selasa, 25 November 2014

Taman Wisata Iman, Wisata Religius di Dairi, Sumatera Utara

Taman Wisata Iman merupakan tempat wisata yang bersifat religius. Taman Wisata Iman berada di Bukit Sitinjo dengan luas 130.000 m2, terletak di Desa Sitinjo, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Terletak sekitar 10 km dari Ibu Kota Kabupaten Dairi, Sidikalang atau sekitar 154 km dari Medan.
TWI bukan hanya mewakili salah satu agama saja yang diakui di Indonesia melainkan semua agama. Mewakili yang dimaksud adalah bahwa dalam TWI terdapat berbagai bangunan-bangunan yang duanggap bersejarah bagi pemeluk agama masing-masing. Mulai dari tempat peribadatan hingga miniatur bangunan yang dianggap bersejarah dan mengenangkan peristiwa-peristiwa penting bagi pemeluknya.
Di Taman Wisata Iman ini kita dapat melihat:
  • Vihara Saddhavadana dengan patung Buddha Rupang
  • Patung Abraham, patung Nabi Musa, Gereja Oikumene, Gua Bunda Maria, dan Perahu Nabi Nuh
  • Perjalanan Kehidupan Yesus Kristus yang terdiri dari Kandang Domba di Betlehem, Yesus memberi makan 5000 orang, Yesus berdoa di Taman Getsmani, 14 tahap perjalanan salib (Via Dolorosa), Bukit Golgata dan Kebangkitan Yesus
  • Kuil Hindu
  • Lapangan Manasik Haji dan Mesjid
Pada pintu masuk, wisatawan disambut Patung Buddha dan sebuah vihara yang bernama Vihara Saddhavadana yang dipergunakan untuk tempat beribadah umat Buddha yang dirancang mengikuti desain seperti bangunan candi Borobudur di Jawa Tengah.
Sekitar 100 meter dari lokasi Vihara Saddhavadana dan patung Buddha, terdapat gereja Oikumene dan beberapa miniatur salib. Gereja tersebut dibangun di atas perbukitan. Proses perjalanan penyaliban (via dolorosa). Di lokasi yang sama juga terdapat patung Abraham ketika sedang mempersembahkan anaknya kepada Tuhan, patung nabi Musa yang menggambarkan tentang perjalanan nabi Musa menerima sepuluh perintah Tuhan.
Berjalan beberapa menit terdapat gua Maria. Gua dengan ukuran kecil tersebut dibangun di lereng perbukitan menghadap ke lembah.
Setelah melewati gua Maria, wisatawan akan menjumpai sebuah bangunan kuil Hindu yang dibangun mengikuti rancangan bangunan kuno menyerupai pura yang terdapat di Bali, terutama bangunan menaranya.
Pada bagian dalam taman, terdapat miniatur Ka'bah seperti yang terdapat di dalam Masjidil Haram, Makkah. Di sekeliling nya dihiasi dengan tanaman bunga beraneka warna. Tidak jauh dari situ, berdiri sebuah bangunan Masjid.
Taman wisata iman ini juga dihiasi dengan keindahan panorama alam dan barisan hutan pinus serta sunga yang mengalir dari perbukitan.
Taman ini juga dilengkapi dengan tempat penginapan. Untuk mendukung kegiatan keagamaan yang membutuhkan tempat dengan kapasitas besar terdapat auditorium yang memiliki aula besar. Juga terdapat restoran dan mini market.

1 komentar:

  1. nama restoran dan mini marketnya apa? apakah retoran dan mini marketnya berada di dalam taman itu? mohon penjelasannya, makasih

    BalasHapus

OXY Drinking Water