Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Senin, 13 April 2015

Yang Populer Di Kalangan Pelancong: Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, air terjun ini begitu populer dikalangan pelancong. Bahkan pada bulan Desember 2014 lalu, air terjun ini dijadikan tempat syuting salah satu film Hollywood berjudul Beyond Skyline. Uniknya, air terjun yang berada di tepi Sungai Oyo ini tidak langsung jatuh dan bermuara ke sungai, melainkan jatuh dan mengalir di bebatuan karst sekitar sungai terlebih dahulu sehingga terlihat lebih cantik. Air Terjun Sri Gethuk juga disebut sebagai Air Terjun Slempret.
Untuk mencapai tempat ini Anda harus naik kendaraan melewati areal hutan kayu putih milik PERHUTANI dengan kondisi jalan yang bervariasi mulai dari aspal bagus hingga jalan makadam. Memasuki Dusun Menggoran, tanaman kayu putih berganti dengan ladang jati yang rapat. Sesampainya di areal pemancingan yang juga berfungsi sebagai tempat parkir, terdapat dua pilihan jalan untuk mencapai air terjun. Pilihan pertama yakni menyusuri jalan setapak dengan pemandangan sawah nan hijau berhiaskan nyiur kelapa, sedangkan pilihan kedua adalah naik rakit sederhana melawan arus Sungai Oya.
Jika memilih untuk naik rakit sederhana, kita akan melewati pepohonan tinggi yang begitu rindang, persawahan yang begitu subur, dan  tebing-tebing karst tinggi yang berdiri dengan gagah dengan sejuknya semilir angin di kanan dan kiri sungai. Kalau cuaca sedang bagus, air sungainya terlihat bening berwarna kebiruan, dan di lain waktu berwarna kehijauan. 
Semakin dekat dengan air terjun, suara gemuruh air makin terdengar. Bebatuan yang indah di bawah air terjun membentuk undak-undakan laksana tepian kolam renang. Kita bisa turun dari rakit dan melompati bebatuan untuk sampai di bawah air terjun dan mandi di bawahnya. Selain berenang, disini kita bisa main river tubing, cliff jumping, atau canyoning. Saat berenang, mesti hati-hati ya karena ukuran batunya cukup bervariasi, dari yang kecil hingga besar. Bahkan di sebagian tempat batunya terasa licin. Jika beruntung, kita bisa menemukan pelangi menghiasi air terjun.
Cara menuju ke sana: dari Jogja - Jl. Wonosari - Bukit Bintang - Patuk - Rest Area Bunder - pertigaan Lapangan Udara Gading ambil kanan - Pasar Paliyan - Desa Bleberan - Dusun Menggoran - Air Terjun Sri Gethuk. 
Waktu yang disarankan untuk ke Air Terjun Sri Gethuk adalah saat musim kemarau karena airnya jernih dan suasananya begitu cerah. Kalau musim hujan, air Sungai Oya warnanya menjadi kecoklatan. Dan wajib membawa baju ganti, karena resiko basah pasti ada.

1 komentar:

OXY Drinking Water