Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Jumat, 24 Juli 2015

Air Terjun Blawan Bondowoso

Air terjun Blawan merupakan lanjutan dari aliran sungai Kali Pahit, yang juga merupakan tempat pembuangan air dari Kawah Ijen. Air dari air terjun ini berjalan turun ke bumi atau tidak mengalir di permukaan bumi, namun masuk ke suatu terowongan atau sungai yang berada di bawah tanah yang kemudian ditampilkan lagi atau muncul di Asembagus, Kabupaten Situbondo ke Laut Jawa.
Air Terjun Blawan memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter dan berwarna kekuningan. Warna kuning berasal dari kandungan belerang yang mengalir dari mata air belerang dari Gunung Ijen. Air terjun ini mengepulkan uap di antara bukit-bukit hijau, dikelilingi dengan tumbuhan macadamia dengan tebing tajam dan goa berstalagmit. Jalan menuju air terjun naik turun tangga di antara dua tebing dan melalui bebatuan atau kayu yang di tata di aliran sungai yang tidak begitu deras. Tidak seperti air terjun lainnya yang bisa dilihat dari arah depan, air terjun Blawan hanya dapat dilihat dari sisi samping, yaitu dari sisi sebelah kanan. Sedangkan sisi samping kiri dan bagian depan air terjun dibatasi tebing yang tinggi. Selain itu, tidak bisa menikmati air terjun hingga dasarnya, hanya dapat melihat dari bagian tengah air terjun.
Di area ini pula terdapat air terjun kecil Batu Putih. Letaknya tidak jauh dari parkir kawah Ijen.
Lokasi air terjun Balawan terletak di desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Berjarak sekitar 52 km dari kota Bondowoso. Dari Bondowoso ikuti saja jalan menuju ke Ijen. Setelah sampai di Cafe Ijen, lanjutkan perjalanan kira-kira 30 menit hingga melewati Kecamatan Sempol, dilanjutkan menuju perkebunan Blawan. Setelah itu ikuti saja papan petunjuk yang menuju ke air terjun Blawan. Dari loket masuk berjarak sekitar 100 m menurun.
Akomodasi penginapan tersedia di kawasan Kalisat, Jampit di Penginapan PTPN XII. Letak penginapan di sebelah rumah Administratur Perkebunan dan di bawahnya terdapat kebun strawberry atau bisa di Home Stay di kawasan perkebunan Blawan. Kolam renang dan air panas terletak di satu wilayah dengan air terjun Blawan dengan jarak sekitar 100 m. Kolam renang ini terdiri dari dua kolam dan dikelilingi dengan pemandangan alam. Ada banyak pohon dan udara segar. Air datang secara alami. Sehingga bersih dan jelas.
Rute: Surabaya - Bondowoso ke arah Situbondo, Km 10 pertigaan Gardu Atak menuju lokasi Ijen.  Gardu Atak - Sempol, Sempol - Blawan.