Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Sabtu, 29 Juni 2013

Agrowisata Bhakti Alam, Nongkojajar, Pasuruan


Agrowisata Bhakti Alam terletak di desa Ngambal, Kecamatan Tutur (Nongkojajar), Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Di tempat ini sedang dibudidayakan berbagai macam tanaman buah yang tentunya akan berbuah sesuai musimnya.
Durian menjadi andalan Wisata Bhakti Alam, dan dijadikan ikon tempat wisata ini. Pengunjung bisa memilih dan memetik sendiri durian yang masih bergantungan di pohon, dan makan semaunya asal tidak dibawa pergi-tentu saja harganya sudah masuk dalam paket kunjungan.
Wisata Bahkti Alam berada di kawasan pegunungan yang sejuk. Jalan menuju ke sana mulus, meski agak sempit; tapi juga tidak begitu ramai. Desa ini juga dikenal sebagai sentra susu sapi.
Rute menuju agrowisata ini sangat mudah. Dari Malang lajukan kendaraan ke arah Surabaya, di pertigaan Purwosari ambil arah ke Probolinggo, tak sampai 1 km, belok kanan, naik dan mengikuti petunjuk jalannya sekitar 10 km. Sesampai di sana, dengan membeli tiket masuk di counter pembelian yang dibangun lumayan artistik, pengunjung bisa masuk melintasi jembatan gantung, menuju tempat parkir kereta kelinci didampingi pemandu yang menjelaskan aneka koleksi tanaman yang ada, Anda akan diajak tour keliling kebun. free susu dan segelas jus buah. Para petugas siap memandu, memberikan informasi tentang apa saja yang bisa dinikmati di sana: Mau jalan-jalan keliling lokasi yang asri, menikmati keindahan taman bunga, atau langsung menikmati berbagai macam durian yang siap dipetik.
Aneka macam bunga yang ditanam di sepanjang jalan masuk, serta jalan yang berliku-liku di lingkungan kebun. Semua ruas jalan dan tanah kosong ditanami bunga aneka wama serta aneka macam jenis dari berbagai Negara.
Di area yang tidak begitu jauh, terdapat gudang besar sebagai tempat pengolahan susu dan hasil kebun. Di gudang “rumah kaca” ini pengunjung diajak masuk yang di dalamnya terdapat tanaman Melon Emas. Kita bisa mencicipi melon ini di tempat yang telah disediakan. Rasanya manis dan segar. Di sini kita bisa juga membeli beberapa buah melon untuk oleh-oleh.
Dalam wisata perah susu, pengunjung akan diajak berkeliling di lahan peternakan sapi perah. Pengunjung akan diajak dan ditunjukkan cara pengolahan susu dari mulai proses pemerahan hingga proses pengolahan menjadi susu pasteurisasi yang siap diminum. Pengunjung diperbolehkan mencoba memerah susu secara tradisional, pada sapi betina yang siap perah. Hasil dari pengolahan susu yang telah dikemas dalam gelas dalam berbagai rasa tersebut dapat pula dinikmati oleh pengunjung.
Wisata Bhakti Alam dibangun dengan . konsep integrated farm, berdiri di atas lahan sekitar 60 hektar, yang dibangun secara bertahap selama hampir 9 tahun. Di tempat ini terdapat 20 spesies dan 70 koleksi spesies tanaman, termasuk di dalamnya tanaman langka Indonesia seperh Buni, Gowok, Kepundung dan Mundu. Bahkan juga ada spesies dari luar negeri seperti The White Sapo, The Black Sapo (keluarga sawo-sawoan yang berasal dari California).
Sebagai integrated farm, pihak pengelola juga mengembangkan lahan pembibitan tanaman serta pengelolahan hasil tanaman, seperti kripik dari berbagai buah-buahan serta minuman hasil kebun seperti jus jeruk, alpukat, melon dan jambu yang bisa dinikmati pengunjung sebagai tester.
Di Agrowisata Bhakti Alam terdapat sekitar 3.600 pohon durian terdiri dari 20 varietas lokal, Thailand (yang dikenal dengan nama Bangkok), Malaysia dan negara tetangga lainnya. Bahkan varietas durian bam dari Thailand yaitu Durian Musangking. Durian ini dalam satu tahun bisa dipanen sampai tiga kali.
Tanaman buah lainnya yang dikembangkan di taman ini di antaranya kelengkeng yang jumlahnya mencapai 1000 pohon, serta jambu air jumlahnya sekitar 500 pohon. Nah, Anda yang tidak suka makan durian dan suka pusing karena baunya yang menyengat, bisa menikmati kelengkeng atau buah lainnya-itupun kalau sedang musim lho.
Kalau sudah puas, capek dan lapar, di tempat ini ada rumah makan dengan suasana yang “ndesani” ( semacam warung dengan bangunan kayu terbuka ) yang siap melayani pengunjung dengan berbagai menu pilihan dan harganyapun sangat terjangkau.   ….. tapi bersih dan higeinis! 
Jika ingin menikmati pemandangan dan menginap tersedia cottage untuk bermalam bersama keluarga. Cottage tersebut terdiri dari dua kamar tidur, dan ruang tamu serta ruang untuk nonton TV dengan pemandangan yang lepas, sehingga membuat waktu santai anda tidak terganggu oleh hingar bingar kota. Juga ada barak bagi anda yang ingin melaksanakan kegiatan outing bersama rekan-rekan. Ada 4 barak yang masing-masing mampu menampung 55 orang, yang didukung 20 unit kamar mandi, sehingga kegiatan anda bersama rekan-rekan tidak akan terganggu hanya masalah sepele: antri kamar mandi.
Selain agrowisata, juga ada fasilitas outbound, racecart, ATV, juga segway, Camping Ground,
Flying Fox.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water