Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Rabu, 12 Maret 2014

Hamparan Pasir Putih Pantai Bama, Situbondo

Setelah menempuh perjalanan sejauh 3 km dari pos Bekol atau sekitar 12 km dari pintu masuk Taman Nasional Baluran, berjalan menembus hutan dan melewati jalanan berbatu, kita akan menemukan hamparan pasir putih diselimuti dengan ombak air laut yang tenang.
Ya...Pantai Bama merupakan bagian dari gugusan pantai yang menjadi batas kawasan Taman Nasional Baluran (sering disebut dengan Afrika-nya Indonesia) yang secara administratif termasuk dalam wilayah kecamatan Banyuputih, Situbondo. Memiliki pantai yang putih dengan vegetatif bakau disekitar pantai.
Ekosistem yang masih terjaga, mendukung kehidupan terumbu karang yang banyak terdapat di sekitar pantai Bama. Pantai yang masih bersih dan sepi dengan ombak yang cukup tenang, plus perairannya pun sangat jernih dan bersih merupakan pantai yang masih tergolong 'perawan' bagi pecinta dunia bawah laut. Kita bisa menikmati aneka ragam terumbu karang dan ikan-ikan yang menghuni terumbu karang. Berbagai jenis dan bentuk terumbu karang serta bermacam-macam ikan hias bisa kita jumpai juga disini. Kita bisa melihat ikan badut atau yang biasa dikenal dengan ikan nemo berenang-renang di sekitar terumbu karang. Waktu terbaik untuk snorkeling di Pantai Bama adalah pukul 06.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB. Snorkeling di Pantai Bama tidak perlu menyewa perahu. Kita cuma perlu berjalan dari bibir pantai ke tengah laut sejauh sekitar 100 sampai 200 meter.
Kita tak akan menemukan secuil sampah di bibir Pantai Bama. Pasirnya pun terasa halus saat di sapu dengan kaki. Sunset di Pantai Bama pun cantik!
Hutan bakau yang tumbuh di sekeliling pantai Bama memiliki alur yang berkelok-kelok hingga puluhan kilometer jauhnya. Dan menjadi tempat habitat bermacam-macam jenis burung serta kera-kera liar. Hutan bakau ini memiliki fungsi untuk menahan abrasi gelombang laut serta untuk menopang ekosistem yang ada di pantai Bama.
Selain beberapa macam jenis burung  dan kera liar yang tinggal di hutan ini juga terdapat bermacam jenis ikan, ular dan bahkan kucing hutan juga dapat ditemukan disini, namun hanya berburu di malam hari. Suasana yang masih 'liar' pun bisa kita rasakan.
Di Pantai Bama juga tersedia berbagai fasilitas penunjang seperti penyewaan alat snorkeling bagi yang gemar menyelam, glass bottom boat untuk yang tidak bisa berenang tetapi ingin menikmati keindahan alam bawah air, kano, cottage yang cukup nyaman yang dilengkapi dengan fasilitas cafetaria, tentunya dalam jumlah yang terbatas mengingat Pantai Bama ini merupakan wilayah konservasi. Di pantai ini, kita juga bisa menikmati pesona matahari terbit yang memikat.
Dari Surabaya menuju Pantai Bama, kita akan membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 6 jam dengan menempuh jalur pantura langsung menuju ke Kabupaten Situbondo. Dari pintu masuk TN Baluran, kita bisa menuju Pantai Bama dengan menggunakan mobil atau motor dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

1 komentar:

OXY Drinking Water