Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Kamis, 08 Januari 2015

Gua Rancang Kencono, Gua Purba Gunung Kidul DI Yogyakarta

Salah satu gua di kawasan karst Gunung Kidul yang bisa dimasuki siapa saja tanpa peralatan khusus adalah Gua Rancang Kencono yang terletak di Padukuhan Menggoran II, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Gua Rancang Kencono merupakan gua purba, hal ini berdasarkan penemuan artefak dan tulang belulang yang diperkirakan hidup pada ribuan tahun yang lalu. Gua yang mempunyai ruangan luas dan lapang dengan pohon klumpit (Terminalia Edulis) yang diperkirakan sudah berusia lebih dari dua abad ini pernah dijadikan sebagai tempat persembunyian dan pertemuan Laskar Mataram pada saat menyusun rencana untuk mengusir Belanda dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Karena digunakan untuk merancang strategi demi tujuan mulia maka gua ini dinamakan Gua Rancang Kencono.
Untuk memasuki gua cukup menuruni tangga batu yang sudah dibangun sejak dulu. Kita akan disambut sebatang pohon klumpit yang tingginya sudah melampaui atap gua. Lubang besar akibat lapuk terlihat dibatang pohon. Gua ini memiliki pelataran atau ruang yang luas dan bisa digunakan untuk ruang pertemuan. Stalaktit menghiasi langit-langit gua, banyak diantaranya sudah mati sehingga tidak terlihat lagi air yang menetes.Di sebelah ruangan yang luas terdapat ruang kecil dan sempit serta gelap. Untuk memasuki ruang ini, harus melewati sebuah celah kecil dengan merunduk. Di dalam ruang yang sempit ini terdapat lukisan bendera merah putih serta kata-kata penyemangat yang ditujukan kepada para pejuang.
Di sisi lain terdapat lorong yang konon menghubungkan gua dengan Air Terjun Sri Gethuk. Saat memasuki lorong harus berjalan jongkok bahkan sesekali merangkak karena langit-langitnya sangat pendek. Sayang, sebagian lorong tersebut telah runtuh sehingga tidak bisa ditelusuri.
Akses menuju gua ini terbilang cukup sulit, sebab tidak ada angkutan umum yang melayani trayek hingga Desa Bleberan. Angkutan umum yang ada hanya sampai di kecamatan Playen. Bagi yang membawa kendaraan pribadi dari Yogyakarta ada dua jalur yang dapat dilewati. Jalur pertama adalah melalui koridor utama Yogyakarta - Piyungan - Patuk - Pertigaan Gading - Playen - Bleberan. Jalur ini merupakan jalur utama saat mengunjungi Kabupaten Gunung Kidul. Jalur kedua adalah melewati rute Yogyakarta - Imogiri - Panggang - Playen - Bleberan.
Jalan yang dilewati sudah jalan aspal. Namun, sekitar lima menit perjalanan mendekati Gua Rancang Kencono berganti dengan jalan tanah berlapiskan batu kapur. Jadi sebaiknya tidak membawa mobil dengan ground clerence rendah. Lebih baik jika memakai sepeda motor atau mobil off road.
Beberapa fasilitas yang mulai dibangun di sekitar gua salah satunya adalah bumi perkemahan. Selain bumi perkemahan, di dekat gua juga terdapat kolam pemancingan yang dikelilingi gazebo. Anda juga dapat mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk yang berjarak kurang lebih 1 km dari gua dengan berjalan kaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water