Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Selasa, 09 Juli 2019

Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan



Kebun Raya Purwodadi adalah sebuah kebun penelitian besar yang terletak di Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia. Luasnya mencapai 85 hektare dan memiliki sekitar 10.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan.

Kebun Raya Purwodadi didirikan pada tanggal 30 Januari 1941 oleh Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking atas prakarsa Dr. Dirk Fok van Slooten pada tanggal 30 Januari 1941 sebagai pemekaran dari Stasiun Percobaan 's Lands Plantentuin Buitenzorg atau Kebun Raya Bogor. Kebun ini merupakan salah satu dari tiga cabang Kebun Raya Indonesia (Kebun Raya Bogor) yang masing-masing memiliki tugas dan fungsi spesifik. Kedua cabang lainnya adalah Kebun Raya Cibodas dan Kebun Raya Eka Karya Bali. Pengelolaan seluruh Kebun Raya ini berada di bawah tanggung jawab Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.


Mula-mula kebun ini dipergunakan untuk kegiatan penelitian tanaman perkebunan. Kemudian pada tahun 1954 mulai diterapkan dasar-dasar perkebunrayaan dengan dimulainya pembuatan petak-petak tanaman koleksi. Sejak tahun 1980 sebagian tanaman ditata kembali menurut kelompok suku yang menganut klasifikasi sistem Engler dan Pranti. Dalam perkembangannya diharapkan Cabang Balai Kebun Raya Purwodadi akan menjadi pusat konservasi dan penelitihan tumbuhan iklim kering di daerah tropis.

Ada lebih dari 2000 jenis tumbuhan dengan total jumlah Spesies mencapai lebih dari 11.000 yang menempati area seluas 85 hektar. Berada di ketinggian 300 mdpl, menjadikan cuacanya juga relatif sejuk. Cocok dijadikan pilihan destinasi wisata bersama keluarga ataupun sahabat.


Kebun Raya Purwodadi ini memiliki beberapa area tematik sesuai jenis tanaman yang dikembangkan. Beberapa spot juga dibuat khusus sebagai area rekreasi sehingga bisa menjadi pilihan untuk berwisata keluarga dan anak-anak agar tidak membosankan. Berikut beberapa area tematik yang cukup populer di KRP.


Taman Bougenville

Taman Bougenville menjadi salah satu area favorit pengunjung karena memang memiliki pemandangan yang menarik terutama untuk berfoto. Bunga Bougenville yang berwarna merah, merah muda, dan orange nampak begitu mencolok diantara hijaunya tanaman di sekitarnya. Di area ini juga sudah didesain seperti sebuah taman sehingga nampak tertata dan nyaman.

Keberadaan gazebo bisa menjadi tempat bersantai menikmati pemandangan. Ada juga pergola yang ditumbuhi Bougenville sebagai atapnya sangat menarik untuk spot berfoto. Selain itu adanya danau buatan menjadi pelengkap untuk menghadirkan suasana alami.



Taman Meksiko

Tumbuhan khas daratan Meksiko seperti jenis kaktus-kaktusan juga menjadi koleksi di KRP. Menempati area khusus bernama Taman Meksiko, tanaman yang berukuran besar di area kering ini menjadi sangat menarik perhatian. Hal ini lantaran suasananya yang berbeda, tidak seperti di kawasan tropis.


Green House Anggrek

Bagi pecinta tanaman Anggrek, jangan lewatkan untuk masuk ke rumah kaca yang mengkoleksi lebih dari 2.000 bunga Anggrek ini. Terdiri dari 319 jenis, dimana 7 diantaranya merupakan anggrek endemik Jawa Timur. Beberapa koleksi juga merupakan jenis anggrek yang sudah sangat langka keberadaannya di alam.


Jajaran Pohon Janglot

Jajaran pohon yang tertata rapi di sisi kiri dan kanan jalan setapak mungkin terkesan biasa saja. Namun akan menjadi menarik jika jenis pohonnya ialah Pohon Janglot. Pohon yang menjulang tinggi dengan batang kurus dan dedaunan kecil ini akan memberi tampilan visual yang tak biasa.

Apalagi, nuansa ini akan berbeda ketika dinikmati kala musim hujan dan musim kemarau. Biasanya pengunjung sengaja berfoto di lokasi ini untuk mendapatkan pemandangan seperti di drama-drama Korea yang romantis.

Danau Wisata

Sudah cukup puas berkeliling dan belajar mengenal tanaman, cobalah untuk bersantai di danau wisata. Di area satu ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam tropis KRP sekaligus bersantai di atas bebek-bebekan.

Kolam Renang Anak

Hal yang cukup unik dari KRP ialah adanya kolam renang anak. Ya, pengunjung yang membawa anak-anak bisa mengajaknya bermain air di kolam renang. Menariknya, tentu saja karena lokasinya yang berada di dalam kebun raya sehingga memiliki suasana yang khas dekelilingi rimbunnya pepohonan.

Fasilitas Kebun Raya Purwodadi

Sebagai sebuah kawasan yang begitu luas, fasilitas yang dimiliki KRP cukup memadai. Toilet tersebar di banyak titik sehingga bisa memudahkan pengunjung. Berlama-lama di sana juga tak perlu khawatir karena terdapat juga Musholla. Untuk area bersantai berupa gazebo dan kursi taman juga banyak tersedia di semua area.

Lokasi Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi sendiri beralamat di Jalan Raya Surabaya-Malang KM 65, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Ini merupakan jalan raya yang menghubungkan 3 kota yaitu Malang, Surabaya, dan Pasuruan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water