Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Sabtu, 25 Januari 2020

Museum Pendidikan, Belajar Sejarah Sambil Berwisata di Surabaya


Museum pendidikan ini dibangun untuk mengerti perjuangan para pendahulu dalam menuntut ilmu yang dapat terekam dari benda-benda bersejarah.

Proses pengerjaan museum ini kurang lebih sekitar 4-5 bulan. Sebab, pembenahan bangunan kuno ini perlu banyak diskusi dengan tim cagar budaya agar tidak merusak esensi dari bangunan aslinya. Bangunan ini sebelumnya adalah Gedung ex Sekolah Taman Siswa pada jaman pra kemerdekaan. Mengapa gedung eks Taman Siswa yang akhirnya dipilih untuk difungsikan sebagai museum? Pemerintah Kota Surabaya tidak ingin menghilangkan nilai historisitas dari gedung itu begitu saja. Sekolah era kolonial Taman Siswa ini merupakan salah satu sekolah yang pertama kali didirikan di Surabaya. Taman Siswa itu adalah pendidikan pertama untuk orang-orang pribumi untuk mereka bisa sekolah. Itulah kenapa Pemkot Surabaya menjadikannya museum. Selain itu, lokasinya strategis, berdekatan dengan sungai dan jalan di tengah kota.


Selain berfungsi untuk museum, museum ini dilengkapi pula  dengan rumah matematika, rumah bahasa, dan perpustakaan.

Selain itu ada ruang kosong untuk diskusi. Agar bisa digunakan oleh guru secara gratis. Selain itu, museum ini terkoneksi dengan taman ekspresi, agar anak-anak bisa dengan mudah saat membaca buku dari perpustakaan.


Jumlah koleksi Museum Pendidikan Surabaya 860 buah yang terdiri dari berbagai jenis koleksi antara lain historika, filologika, heraldika, etnografikia, keramologika, dan technologika. Koleksi tersebut merupakan benda-benda dari pendidikan masa lampau sampai pendidikan masa kini.

Alur museum diatur berdasarkan konsep storyline periodesasi masa dinamika pendidikan di Indonesia dengan mengkomunikasikan koleksi dalam konteks museologi. Alur museum terbagi menjadi masa pra-aksara, masa klasik, masa kolonial dan masa kemerdekaan.


Museum pendidikan bertujuan untuk mengerti perjuangan para pendahulu dalam menuntut ilmu yang dapat terekam dari benda-benda bersejarah itu.

Museum Pendidikan menempati lahan seluas 1.452 meter persegi yang terletak di Jalan Genteng Kali Nomor 10. Bangunan museum berada di sisi utara Taman Ekspresi. Museum ini dibuka umum dan gratis. Museum Pendidikan buka setiap Selasa-Minggu, jam 08.00-16.00 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water