Jumat, 25 Mei 2012

MEMPELAJARI ALAM TAK SELALU HARUS JAUH

Beberapa waktu lalu seorang teman suami saya dari komunitas Pulsarian pra Surabaya bertanya, di mana tempat outbound yang asyik tapi ga terlalu jauh dari Surabaya. Kebetulan teman tersebut seorang yang dipercaya untuk mencari suatu tempat guna refreshing bagi karyawan di tempat dia bekerja. Sontak saja suami menjawab "Waduh ga tau nih! Coba tanya teman lain." Nah, beberapa hari lalu saya bertemu dengan seorang kawan, di mana dia mendapat informasi tentang sebuah tempat yang asyik untuk Outbound, Edukasi di Alam, Adventure, Meeting, dll. Tak terlalu jauh dari Surabaya, meluncur saja ke arah barat kota Malang, naik sedikit lewat Sengkaling dan belok kiri mengikuti arah menuju Petung Sewu Wild Life Education Centre. Kalau tidak menggunakan kendaraan pribadi, dari terminal Bungurasih Surabaya naik bis jurusan Malang (turun terminal Arjosari), naik angkutan kota kode ADL atau AL (turun terminal Landungsari), naik angkutan kota kode STL (turun depan Balai Desa Petung Sewu), naik ojek ke dusun Sumberbendo, turun P-WEC. Datang berombongan atau sendiri terserah keinginan Anda... 


Dilokasi yang berada di Desa Petung Sewu, Kec. Dau, Kab. Malang ini menyajikan keindahan dan wawasan tentang pelestarian alam. Di tempat ini Anda tidak akan menemui hewan-hewan yang dikurung dalam jeruji besi atau sangkar. Ada sekitar 85 jenis burung yang dibiarkan terbang bebas di kawasan ini. Anda juga bisa melihat tupai yang berloncatan dari satu pohon ke pohon lainnya dengan bebas.

Ada banyak paket wisata alam yang di tawarkan, antara lain :
>> Program edukasi informal, mulai dari program tentang ekosistem sungai, ekosistem hutan, mengenal serangga, mengenal keragaman satwa liar, pengamatan burung, pohon, recycle and re-use, hingga tentang kesejahteraan satwa. Program edukasi tentang konversi alam ini bekerja sama dengan BIDO Adventure. Program Outdoor Education ini antara lain:
  • Nature and Wildlife Education : Peserta akan belajar nilai-nilai kebaikan dan rasa respect terhadap lingkungan sekitar dan satwa liar melalui Outdoor Education Game
  • Tour d'Jungle : Peserta akan diajak berpetualang di tengah hutan. Program ini dikemas dengan fun, penuh petualangan dan permainan. 
  • River Expedition : Peserta akan diajak pergi ke sungai yang alami di pinggir hutan pinus yang berdekatan dengan perkebunan jeruk.
  • Primate Watching : Peserta akan di pandu oleh fasilitator melakukan nature trail di Taman Hutan Raya R. Soerya untuk melihat kehidupan primata di alam.
  • Bird Watching : Peserta akan melakukan nature trail mengenal keanekaragaman dan kebiasaan perilaku alami burung yang ada di alam.
  • Petani Cilik : Peserta akan diajak berperan seolah-olah menjadi petani. Untuk menjadi petani, maka peserta akan diajak melakukan kegiatan bercocok tanam, mulai dari menanam, menyirami, memanen hasil kebun untuk diolah dan dimasak sendiri oleh peserta dengan dipandu fasilitator.
  • Green Art : Peserta akan belajar membedakan jenis sampah dan mengelola sampah menjadi karya seni yang ramah lingkungan.
  • Detektif Alam : Peserta akan diajak untuk mengexplore alam lebih dalam dengan menjadi detektif yang penuh rasa ingin tahu yang tinggi.
>> Program Outbond and Adventure antara lain  :
  • Outbound Training
  • Family Gathering
  • Bird Watching
  • In the jungle
  • Live in Village
  • Trekking
  • Bromo Adventure
  • Merubetiri Adventure
Program ini dilengkapi dengan asuransi
>> Camping Eksklusif, cocok untuk keluarga atau anak yang ingin back to nature dengan cara camping di alam terbuka dengan mudah. Tenda yang digunakan adalah tenda yang berkualitas dan didalam tenda juga dilengkapi dengan kasur dan bantal. Lokasi berada dalam kawasan P-WEC yang lingkungannya asri dan keamanannya terjaga. Anda juga akan dikenalkan dengan berbagai jenis tumbuhan dan burung liar. Di pagi harinya, Anda akan dipandu untuk trekking menyusuri ladang petani dan kehidupan pedesaan yang asri. Anda akan diajak melihat perkebunan kopi, jati, ladang, dll. Jika Anda ingin mendapatkan tambahan fasilitas berupa api unggun, bakar singkong dan belajar memasak di kompor lapangan ala petualang sejati, Anda bisa memilih paket Camping Eksklusif Plus.

Anda bisa puas mengikuti seluruh paket yang ada, tak perlu repot membawa tenda dan peralatan berkemah. Jika Anda tidak suka berkemah, tinggal saja di wisma atau asrama yang ada. Kalau mau makan, pergi saja ke "Cafe Primata". Anda bisa mencicipi menu yang disediakan di sana seperti Nasi Goreng Rimba, Tempe Penyet Petung Sewu, dll. Anda juga bisa menikmati kopi jawa murni yang mempunyai cita rasa tersendiri. Kopi Jawa yang di beri merk "SUN BIRD" yang proses pembuatannya menggunakan cara tradisional ini bukan hanya harum baunya, tetapi nikmat rasanya. Anda juga bisa mencoba aneka makanan tradisional Jawa seperti nagasari, kucur, cenil, onde-onde, ketan bubuk, weci, pisang goreng, dll. Cafe ini bisa juga digunakan untuk pertemuan dengan daya tampung sampai 120 orang. Suasana yang menyenangkan dan serasa menyatu dengan alam akan Anda dapatkan. Di sepanjang jalan dan di area manapun, Anda akan menjumpai lampu-lampu penerangan yang dikemas atau dimodifikasi kedalam bentuk lampu minyak.  Jika malam tiba, naik saja ke tower, lihat pemandangan sekitar, mungkin Anda akan bertemu dengan monyet atau mendengar suara burung dari sana. 

Dalam obrolan ini, teman saya juga mengatakan bahwa sudah ratusan organisasi dan perusahaan telah melakukan Outbound dan Team Work Building di tempat ini. Fasilitas balai pertemuan yang bisa menampung 100 dan 50 orang, dan beberapa tempat diskusi di alam terbuka (outdoor) pun juga banyak diminati. Dan paket wisata alam yang ditawarkan dan di kemas dalam program yang menggunakan metode pembelajaran learning by doing ini banyak pula di manfaatkan oleh pengajar-pengajar yang mengajar di play grup sampai SMP, maupun SMA ke atas. Jadwal kegiatan dan biaya untuk mengikuti trip dan petualangan di sini dapat di atur sekaligus dengan transportasi dan akomodasi yang diinginkan. Whole package deh... Jadi bisa masuk dalam agenda liburan Anda berikutnya.

2 komentar:

  1. Balasan
    1. yo i, bisa buat refreshing bareng-bareng teman ato keluarga. monggo di jadwalkan...

      Hapus

OXY Drinking Water