Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Sabtu, 11 Agustus 2012

MELINTASI SUNGAI THAMES

Sungai Thames adalah sebuah sungai yang mengalir di selatan Inggris dan menghubungkan kota London dengan laut. Sungai Thames merupakan sungai yang mengawali sejarah Kota London berdiri. Kota ini dibangun oleh Kerajaan Romawi di abad 43 AD saat mereka menjajah wilayah Inggris, awalnya kota ini bernama Londonium. Sungai Thames berperan sangat penting terhadap penyediaan protein ikan bagi penduduk kota selain untuk air minum, pengairan lahan pertanian dan juga transportasi.
Dewasa ini, Sungai Thames lebih banyak dimanfaatkan sebagai daerah tujuan wisata. Para wisatawan yang berkunjung kesana tidak akan melewatkan tur mengarungi sungai dengan kapal. Pelayaran singkat dari Tower of London menuju Parliament House yang dikenal juga sebagai Westminster Palace  melewati dua kota tua yang berdampingan City of London and City of Westminster. Kedua kota inilah yang kemudian menjadi Greater London yang dikenal sekarang. Dari Sungai Thames yang bersejarah ini pengunjung dapat melihat keindahan Istana Westminster (yang kini digunakan sebagai gedung parlemen) beserta menara jam legendaris, Big Ben. Istana Westminster dengan menara jam Big Ben-nya dulu menjadi tempat tinggal para raja dan ratu sebelum akhirnya berubah fungsi menjadi gedung parlemen Inggris. Kendati tanpa dikenakan biaya, namun para pengunjung harus antre untuk mendapat tiket. Bila ingin menyaksikan rapat para anggota Majelis Tinggi (House of Lords) maupun Majelis Rendah (House of Commons), pengunjung harus sudah mendapat tiket, biasanya tujuh atau delapan pekan sebelumnya, dari para anggota parlemen. Para penumpang feri juga akan melihat keindahan Tower Bridge, jembatan dengan dua menara klasik yang dibangun pada abad ke-19. Tower Bridge dikonstruksi antara 1886-1894, merupakan jembatan suspensi yang membentang antara dua sisi sungai Thames, panjangnya 244 meter. Diberi nama Tower Bridge karena berdiri di depan Tower of London, benteng yang mempunyai sejarah lebih dari 1,000 tahun.  Merupakan pemandangan yang mengasyikan ketika menyaksikan dari kejauhan Tower Bridge diangkat dan turun kembali. Bangunan-bangunan klasik lainnya, termasuk Tower of London, dapat Anda lihat dengan asyiknya saat mengarungi Sungai Thames.  Jika ingin menikmati indah dan luasnya kota London dari ketinggian langit, pengunjung dapat menikmatinya dengan duduk di atas London Eye, kincir raksasa yang dibangun maskapai penerbangan British Airways dan menjadi salah saru icon wisata bagi London. Selain itu, menara kubah gedung St. Paul’s Cathedral. Pengunjung juga dapat melihat kemegahan arsitektur gereja yang telah berdiri sejak hampir 1400 tahun yang lalu. Dan juga pasar ikan Billingsgate yang dulunya adalah pasar ikan terbesar di Inggris.
Ada pilihan lain untuk menyusuri sungai Thames yaitu kereta gantung yang disebut Emirates Air line. Emirates Air Line ini menghubungkan kawasan O2 Arena -tempat yang sering digunakan untuk pertunjukan musik- di Greenwich dan tempat pameran ExCell di daerah Royal Docks, yang memungkinkan pengguna kereta kabel ini melihat Olympic Park, pusat keuangan Canary Wharf, dan Thames Barrier, struktur raksasa yang dibangun di sepanjang Sungai Thames yang menjaga kota London dari luapan banjir air sungai. Kereta gantung ini dapat mengangkut maksimum 2.500 orang per jam.





sumber: berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water