Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Kamis, 17 Januari 2013

Daya Tarik Pulau Sempu, Malang Selatan


Pulau Sempu terletak di sebelah selatan kota Malang. Jarak tempuh kurang lebih 75 km atau sekitar 2 jam perjalanan dari kota Malang. Pulau ini merupakan pusat konservasi alam yang berada di Kabupaten Malang bagian selatan. Mempunyai luas kurang lebih 877 ha dengan daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara yaitu berupa laguna atau yang lebih dikenal dengan nama segara anakan.
Luas segara anakan mencapai 4 ha, disekitarnya dilindungi bukit karang yang kokoh serta ditumbuhi pohon tropis lebat dengan pantai berpasir putih.
Letaknya yang berdekatan dengan Samudera Indonesia juga memberikan nilai lebih karena bisa melihat langsung keindahan Samudera Indonesia dan ikan lumba-lumba khas Samudera Indonesia yang berada di balik tebing Pulau Sempu.
Untuk mencapai pulau ini dari kota Malang bisa dengan kendaraan pribadi menuju ke Pantai Sendang Biru.  Atau dari terminal bis kota Malang, dapat naik Isuzu Elf menuju Sendang Biru. Sesampai di Pantai Sendang Biru, bila ingin menyebrang ke Pulau Sempu, harus terlebih dulu ke bagian administrasi untuk membuat ijin. Penyebrangan terakhir adalah pukul 16.30.
Untuk penginapan, di Sendang Biru tidak ada penginapan seperti hotel atau motel, tetapi beberapa rumah penduduk atau tempat pengelola Pulau Sempu mempunyai tempat yang bisa disewakan buat penginapan. Apabila ingin menginap di Pulau Sempu, tentunya harus mempersiapkan peralatan seperti tenda, sleeping bag, kompor, matras dan alat penerangan. Rumah makan yang berada di Sendang Biru tidaklah banyak, tetapi jika ingin pergi ke Pulau Sempu disarankan membawa perbekalan seperti mie instan, roti atau memesan makanan untuk disantap di Pulau Sempu nantinya. Tetapi pleasee... jangan meninggalkan tumpukan sampah atau melakukan tindakan vandalisme terhadap lingkungan bila berada di sana.
Jalur terpendek dan menjadi favorit menuju segara anakan adalah melalui Teluk Semut. Untuk mencapai segara anakan harus melewati hutan. Dalam perjalanan ini kita bisa menikmati kicau burung, tetapi berhati-hatilah terhadap para kera, karena sering mengambil makanan dan barang-barang bila kurang waspada.
Saat tepat menuju Pulau Sempu secara umum adalah saat musim kemarau sekitar bulan Juli-September. Jika Anda datang di musim hujan, maka perjalanan Anda menuju segara anakan akan menjadi lebih berat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water