Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Rabu, 16 Januari 2013

Waduk Gajah Mungkur, Tempat Rekreasi Indah Wonogiri


Terletak 3 km di selatan kota Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, bisa ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit dengan kondisi jalan mulus. Bila dari arah Yogyakarta, bisa mengendarai sepeda motor maupun mobil, melewati Kabupaten Gunung Kidul sekitar 60 km. Danau buatan ini dibuat dengan membendung sungai terpanjang di Pulau Jawa, yakni sungai Bengawan Solo. Waduk dengan luas kurang lebih 8800 ha di 7 kecamatan ini bisa mengairi sawah seluas 23600 ha di daerah Sukoharjo, Klaten, Karanganyar dan Sragen. Selain untuk memasok air minum kota Wonogiri juga menghasilkan listrik dari PLTA sebesar 12, 4 Mega Watt.
Waduk Gajah Mungkur juga merupakan tempat rekreasi. Di sini tersedia kapal boat untuk mengelilingi perairan, yang juga sebagai tempat memancing. Selain itu dapat pula menikmati olahraga layang gantung (gantole). Di sekitar waduk juga terdapat Taman Rekreasi Sendang Asri, yang mempunyai beberapa wahana seperti taman satwa. Di taman satwa ini, pengunjung bisa menyaksikan berbagai jenis satwa seperti burung gagak, gajah, burung cendrawasih, ayam mutiara, kera, landak dan sebagainya. Mainan anak-anak, jet sky, sepeda air dan kereta kelinci ada pula di sini. Tak ketinggalan rumah makan terapung dan sarana umum seperti mushola dan toilet.
Di kawasan obyek wisata ini, juga dikembangkan agrowisata berupa pembudidayaan berbagai jenis ikan air tawar. Di sini pengunjung bisa melihat para nelayan membudidayakan ikan nila dengan menggunakan keramba jala apung. Hmmm... obyek wisata yang sangat cocok untuk membuat hati semua anggota keluarga gembira.

image: wonogirikab.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water