Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Selasa, 07 Mei 2013

Warna - Warni Danau Linow, Tomohon Sulawesi Utara


Danau Linow memiliki luas sekitar 34 Ha dan berada di Kelurahan Lahendong Kota Tomohon. Danau ini memiliki ciri khas tersendiri, yakni berkadar belerang tinggi, sehingga warna air danau yang muncul selalu berubah-ubah, sehingga selalu tampil cantik akibat munculnya warna-warni tadi. Kendati demikian, pengunjung harus hati-hati dengan kubangan lumpur panas mendidih yang berada di tepi danau. Sekeliling danau ditumbuhi pohon cemara jarum dan berbagai bunga warna-warni, ada bunga sepatu pink, putih, tumpuk merah, bunga nyonya inang, dan beragam bunga lainnya.
Danau ini bisa dicapai dengan angkutan umum/mikrolet dari terminal Kota Tomohon. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan berjalan sekitar 700 meter untuk ke Danau Linow. Dari Kota Manado, hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk mencapai Danau Linow. Setelah masuk Kota Tomohon, kita tinggal mengikuti papan penunjuk jalan menuju danau ini.
Di sekitar danau ini terdapat satwa endemik berupa burung blibis dan serangga yang oleh penduduk setempat dinamakan “sayok” atau “komo”. Serangga unik yang hidup di air tapi bersayap dan bisa terbang ini menjadi konsumsi penduduk setempat. Kadang-kadang terdengar kicauan burung-burung kecil dan burung putih besar yang melintasi danau.
Danau Linow memiliki jalan lingkar yang menghubungkan pintu masuk yang lama dan baru. Menyusuri jalan ini anda akan melihat Danau Linow dari berbagai sudut pandang. Karena bentangan jalan lingkar ini berada pada bukit maka sangat jelas keindahan danau dari atas. Menyisir tepian danau, tampak ujung anjungan kayu menghadap ke danau. Tampak pula gelembung-gelembung air panas muncul di permukaan air danau.
Sinar matahari yang jatuh di permukaan air akan menimbulkan bias cahaya keperakan. Danau seperti terbelah dua, sisi yang penuh dengan belerang dan sisi yang tak belerang. Di sana terdapat kanal yang secara alami menjadi tempat mengalir keluarnya belerang dari danau. Dari pandangan mata, satu sisi danau dengan warna biru kehijauan. Sementara itu di sisi satu lagi terlihat bening kebiruan. Sekawanan burung belibis setia singgah di danau ini setiap pagi. Burung-burung seriti banyak pula berterbangan di atas permukaan air danau. 
Sebuah area bersantai di tepi Danau Linow dibangun oleh pihak swasta. Rapi dan bersih, ditata ala dermaga kayu dengan aksen dominan berwarna putih. Pengunjung yang ingin masuk ke kawasan Danau Linow harus membayar tiket seharga Rp 25.000. Dengan harga tersebut, Anda juga akan mendapatkan secangkir kopi atau teh dan kue kelapa. Belum puas hanya menyantap kue kelapa? Anda bisa pesan pisang goreng dan pisang goroho yang nikmat disantap dengan rica roa atau sambal dengan ikan roa yang memang merupakan kuliner khas Sulawesi Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water