Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Jumat, 04 September 2015

Wisata Alam Asyik di Taman Wisata Maribaya, Bandung

Bandung memiliki wisata alam asyik untuk berakhir pekan. Wisata alam tersebut adalah Taman Wisata Maribaya.

Merupakan bagian dari Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang berlokasi di Jalan Maribaya, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Sekitar 15 km dari kota Bandung dan sekitar 5 km dari arah timur Lembang.

Taman wisata Maribaya ini dapat diakses dengan tranportasi umum. Jalur yang harus ditempuh adalah dengan naik angkot dari Lembang ke arah Maribaya. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 5 km, kita akan tiba di jembatan Maribaya.  Bagi yang membawa kendaraan pribadi dari Jakarta, bisa menggunakan rute Cikampek - Cipularang keluar di Sadang. Dari Sadang - Subang - Ciater - Lembang. Jalan menuju lokasi ini sudah beraspal dan sangat nyaman dilewati kendaraan.

Jika gemar tracking, Maribaya dapat ditemuh dari Dago, lewat Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda. Kita akan lewat gua Belanda dan Jepang. Dengan menapaki jalan setapak, kita akan disuguhi pemandangan indah. Kita akan menjumpai hutan perdu, gua Belanda dan Jepang. Bila memutuskan untuk masuk ke dalam gua, jangan lupa membawa senter atau alat penerang yang lain. Juga warung bandrek, tempat para tracker beristirahat sambil ngopi atau menikmati bandrek haneut yang merupakan minuman khas Bandung dan bala-bala yang juga merupakan makanan favorit masyarakat Bandung.

Sungai yang mengaliri air terjun Maribaya tergolong masih jernih. Maribaya sendiri dialiri dua sungai, yaitu sungai Cigulung dan Cikawari. Dari kedua sungai tersebut terdapat tiga air terjun, yaitu curug Cikawari, Cigulung dan Cikoleang.

Lokasi wisata Maribaya dibuka pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB.

Di Maribaya ada beberapa lokasi menarik yang dapat dikunjungi, lokasi yang pertama adalah air terjun Maribaya. Air terjun ini adalah air terjun yang masih sangat alami dengan latar pepohonan. Selain menikmati air terjun dari jembatan, kita juga bisa menikmati air terjun dari dekat, tetapi sebaiknya persiapkan baju ganti karena sudah pasti akan basah kuyub terkena percikan air terjun yang deras. Juga bisa menggelar tikar disekitar air terjun sambil menyantap bekal piknik. Tapi jangan lupa, tetap jagalah kebersihan. Selain menikmati keindahan air terjun, juga bisa berendam dalam air panas.

Pulangnya, jika kita masuk dari Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, kita bisa balik lagi dengan naik ojek dari arah Maribaya ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water