Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Rabu, 26 Desember 2018

Menyantap Hidangan Khas "Kota Gadis"



Berkunjung ke Kota Madiun di Jawa Timur terasa tak lengkap kalau tidak menyantap hidangan khas "Kota Gadis" ini. Salah satu menu andalan yang banyak dicari pelancong saat datang di kota yang berjarak sekitar 172 km dari Surabaya itu adalah nasi pecel.

Pecel atau pecal adalah makanan yang menggunakan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan aneka jenis sayuran. Makanan ini populer terutama di wilayah DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Asal kata dan daerah pecel belum diketahui secara pasti. Dalam bahasa Jawa, pecel dapat diartikan sebagai 'tumbuk' atau 'dihancurkan dengan cara ditumbuk'. Makanan ini juga mirip dengan gado-gado yang dibedakan oleh campuran bahan dan tekstur bumbunya. Pecel Madiun adalah pecel yang paling terkenal di Indonesia. 

Pecel juga dapat ditemukan di Malaysia, Filipina, Thailand, dan Suriname dengan cita rasa yang sedikit berbeda dari pecel di Indonesia karena perbedaan jenis kacang yang digunakan

Pecel merupakan makanan yang terdiri dari sayur yang direbus dan lauk yang dihidangkan dengan alas yang berbeda-beda sesuai kota asal pecel, misalnya piring lidi yang disebut ingke, pincuk, atau tampah bambu. Sayuran yang dihidangkan antara lain kacang panjang, taoge, mentimun, daun singkong, dan daun kemangi. Bumbu sambal kacang yang disiramkan di atas pecel disebut sambal pecel yang terbuat dari campuran kencur, gula merah, garam, cabai, kecombrang, daun jeruk purut, dan kacang tanah sangrai yang dicampur, ditumbuk, atau diulek. Selain itu, ada pula yang menambahkan daun bawang dan asam jawa ke dalam campuran air hangat untuk mencairkan sambal pecel.

Di Madiun, Anda akan banyak ditawarkan aneka nasi pecel yang dapat dijumpai di berbagai tempat. Namun bila Anda menginginkan menu nasi pecel yang spesial, tak salah bila mengunjungi Depot Nasi Pecel 99 milik bapak Karyono di Jalan Cokroaminoto No 99, Kota Madiun.

Soal rasa dan selera dijamin tak akan mengecewakan. Bukan tanpa alasan. Lantaran nikmatnya Nasi Pecel 99 Madiun, mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun sudah dua kali datang langsung menikmati enaknya nasi pecel olahan Karyono-Herimurti pada tahun 2009 dan 2014.

Tak hanya SBY yang datang, ia mengajak istrinya, Ny. Ani Yudhoyono bersama menteri untuk langsung menikmati sedapnya Nasi Pecel 99 di Kota Madiun.

Tak hanya presiden yang datang ke Depot Nasi Pecel 99. artis-artis Ibu Kota seperti Coki Sitohang dan artis lainnya juga gandrung dengan Nasi Pecel 99 saat melancong di Kota Madiun.

Selama kurang lebih 29 tahun Depot Nasi Pecel 99 tak surut dari pembeli mulai dari kalangan warga biasa hingga pejabat.

Bukan tanpa alasan memilih depot Nasi Pecel 99 untuk disinggahi. Selain rasa sambel pecelnya yang menggigit lidah, harganya pun terjangkau untuk pelancong yang berkantong pas-pasan.

Nah, jika Anda ingin membuat nasi pecel sendiri, berikut resepnya

Bahan:

600 g nasi putih
6 pincuk daun pisang

Sambal kacang, haluskan:

250 ml air panas
100 g kacang tanah goreng
2 buah cabai merah, rebus
3 buah cabai rawit, rebus
6 lembar daun jeruk
5 cm kencur, kupas
2 buah jeruk limau, peras airnya
1 sdt gula merah
½ sdt terasi goreng
½ sdt garam
½ sdt asam jawa

Sayuran: 

75 g taoge, rebus
50 g bayam, rebus
50 g taoge pendek
50 g petai cina
1 buah mentimun, cincang
1 ikat daun kemangi, ambil daunnya

Pelengkap:

Rempeyek kacang tanah
Kerupuk legendar

Cara Membuat:

1. Sambal kacang: Ulek semua bahan menggunakan cobek. Angkat. Sisihkan.
2. Tata nasi di pincuk daun pisang. Susun sayurannya.
3. Sirami sayuran dengan sambal kacang.
4. Sajikan panas disertai pelengkap.

Untuk 6 porsi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water