Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Senin, 05 Agustus 2019

Hal-hal Yang Bikin Traveling Jadi Enggak Asyik



Kalau disuruh memilih, sebenarnya sekarang-sekarang ini lebih suka solo traveling.

Iya, selain karena susah banget ngajakkin temen-temen buat nge-trip bareng (seringnya karena waktunya enggak cocok atau terhalang biaya), traveling sendirian, lebih fleksibel dalam banyak hal. Meski, terkadang harus ribet ngurusin ini dan itu.

Selama berkali-kali traveling, jarang banget tuh dari awal sampai akhir lancar-lancar aja. Tapi Puji Tuhan, at the end, traveling benar-benar membantu memulihkan pikiran.

Nah, hal-hal apa yang bikin traveling jadi enggak asyik, dan bagaimana cara mengantisipasi atau mengatasinya? Simak tulisan berikut. Semoga bermanfaat!

1. Harga Tiket Transportasi Melonjak

“Yang spontan emang selalu jadi.” Pernah nggak sih, dengar kalimat itu? Iya, hal ini juga berlaku pas lagi traveling.

Ketika sudah direncanakan jauh-jauh pengin pergi ke suatu tempat, eh ujung-ujungnya enggak jadi. Sebaliknya, traveling dadakan malah selalu jadi! Hehehe… lucu juga, kalau dipikir-pikir. 😀

Nah, biasanya, traveling dadakan sering bikin dompet kembang kempis, nih. Apalagi, tiket transportasi yang dipesan mepet seringnya lebih mahal. Kalau sudah begini, cari tanggal lain yang harga tiketnya enggak terlalu mahal. Kalau enggak, ya memperbanyak jumlah tabungan.

Jangan sampai traveling jadi enggak asyik hanya karena gara-gara tiket transportasi melonjak!

2. Harga Penginapan Mahal

Satu kamar hotel biasanya dtempati oleh dua orang. Nah, kalau lagi solo traveling? Masa iya, pesan kamar yang bisa ditempati dua orang? Mau share sama siapa hayooo?

Cara mengakalinya adalah dengan memilih hostel, yang mana harganya dihitung per orang atau per kasur sehingga lebih murah. Jadi, di dalam satu kamar, Anda menginap bareng traveler lain. Atau Anda bisa memilih hotel kapsul.

Sedikit tips memilih hostel, coba pertimbangkan dari segi keamanan dan kenyamanan, ya. Apalagi, kamu berada dalam satu kamar dengan orang yang enggak dikenal.

Oh ya, banyak hostel yang menyiapkan sarapan, yang mana sudah include dengan harga yang dibayarkan.

3. Destinasi Enggak Sesuai Ekspektasi

Ini dia hal lainnya yang bikin traveling jadi enggak asyik. Pengin sunrise-an di kawasan Merapi. Eh, pas sampai sana, kabut tebal banget. Alhasil, enggak kelihatan mataharinya, deh. 🙁

ke Taman Bunga Vimala Hills, Bogor, pas lihat di Instagram, kok taman bunganya tampak luas banget, ya? Tapi pas sampai di sana, kok enggak sebesar yang ada di Instagram?

Nah, kalau enggak sesuai ekpektasi begini, harus diketahui dulu penyebabnya. Kalau disebabkan oleh faktor alam seperti banyak kabut, ya mau bagaimana lagi? Mungkin lain kali bisa cek prakiraan cuaca terlebih dulu.

Kalau untuk kasus Taman Bunga Vimala Hills, well actually it’s about angle, though. Tempat wisata tersebut tampak luas karena si fotografer berhasil memotret dengan angle yang enggak biasa (plus effort lebih).

Jadi, taman bunga yang sebenarnya biasa aja, pas difoto dengan angle yang berbeda malah jadi makin keren. In this case, bisa jadi riset kurang dan malas eksplorasi.

4. Hujan

Enggak dimungkiri, hujan memang bisa bikin traveling jadi enggak asyik. Yang tadinya bisa explore lama, eh terpaksa harus berhenti dulu.

Makanya, kalau mau traveling ke suatu tempat, ngecek ramalan cuaca di kota tujuan ya 😊. Hindari tanggal-tanggal di mana curah hujannya tinggi.

Kemudian, setiap traveling, jangan lupa untuk bawa jaket, payung, atau jas hujan. Jangan sampai, aktivitas traveling jadi enggak seru karena hujan.

5. Sakit

That’s why, setiap traveling usahain selalu bawa obat-obatan dan minyak angin. Lalu, bawa botol minum sendiri juga wajib hukumnya. Pas di tempat tujuan, beli air mineral 1,5 liter. Jadi, cairan tubuh pun selalu terpenuhi kapanpun dan di mana pun.

6. Tiba-tiba Haid

Untuk mengantisipasinya, bawa pembalut buat jaga-jaga, entah emang lagi jadwalnya atau enggak, entah dipakai atau enggak. Lalu, sebisa mungkin hindari tanggal-tanggal haid kalau mau traveling.

7. Enggak Cocok Sama Teman Trip

Pernah nggak sih, traveling sama temen yang suka ngaret? Atau, pernah nggak traveling sama temen yang gaya jalan-jalannya berbeda?

Katakanlah, kamu anaknya backpacking-an, sementara temen kamu enggak. Kamu enggak masalah icip-icip makanan di pinggir jalan sekalipun, sementara teman kamu lebih memilih yang pasti-pasti aja, seperti di mall.

Contoh lain, kamu adalah tipe traveler yang santai dan lebih suka pergi ke beberapa tempat aja biar bisa nikmatin sepuasnya. Sementara itu, teman kamu termasuk tipe pejalan yang ngejar destinasi banget! Sampai-sampai satu hari dipadatin pergi ke semua tempat dengan anggapan, “Mumpung udah di sini, sayang tau kalau enggak mampir”.

Nah, gimana nih, cara mengatasi kepribadian yang bertolak belakang begini? Mulanya, kamu bisa menyusun itinerary bareng-bareng. Lalu, coba deh, untuk saling belajar dan melakukan apa yang digemari teman kamu. Siapa tahu, kamu bisa menemukan keunikan atau pengalaman baru.

Yang paling penting, kenali lebih jauh gaya traveling masing-masing dan jangan sampai pas trip udah jalan, eh malah bete karena enggak bisa memahami satu sama lain.

Kalau udah begitu, you better go solo traveling! Daripada traveling jadi enggak asyik, kan? 🙂

8. Enggak Ada yang Fotoin

Kalau lagi jalan-jalan sendiri, mau enggak mau minta tolong orang lain untuk fotoin. Atau, bawa tripod sendiri. Pas eksekusi, memang bakalan lebih ribet dan kadang harus menahan malu, sih. Hehehe. 😀

Lalu, kalau lagi nge-trip bareng temen-temen, memang sih ada yang fotoin. Tapi, pernah enggak, ngerasa hasil jepretan temen ternyata enggak sebagus yang dikira?

Kalau nge-trip sama temen yang jago foto, itu bonus.

9. Baterai Habis

Di dalam tas harus selalu ada powerbank, plus charger ponsel. Jadi, kalau lagi singgah di suatu tempat yang ada stop kontaknya, bisa numpang isi daya.

Kalau kamera, sediakan baterai cadangan. Kalau enggak punya,  pastikan bahwa baterai kamera terisi penuh. Kalau baterainya sisa satu bar, charge lagi.

Untuk pemakaian gunakan sewajarnya aja. Bukan yang dikit-dikit foto, dikit-dikit foto. Kan mau nikmatin perjalanannya, bukan melulu mengabadikan perjalanan setiap detik, setiap waktu. 🙂

10. Enggak on time

Datang tepat waktu tuh wajib hukumnya. Mendingan nunggu lama di bandara dibandingkan deg-degan takut ketinggalan pesawat, deh.

Hal ini berlaku juga pas lagi ikutan open trip. Jadwal dari trip planner perlu banget dipatuhi. Enggak enak dong sama temen-temen trip lain, masa telat?

Nah, itulah dia hal-hal yang bikin traveling jadi enggak asyik. Apabila ada hal-hal yang memang bisa diantisipasi sebelum traveling, yuk antisipasi! Ingat apa tujuan kamu buat traveling. Jangan sampai mood jadi terganggu karena hal-hal menyebalkan di atas, ya. 😀

Happy traveling! Happy exploring the world!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water