Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Rabu, 30 Maret 2016

Ayam Lodho, Kuliner Unggulan Tulungagung

Olahan makanan berbahan dasar ayam memang sangat banyak. Ini dikarenakan ayam adalah bahan makanan yang sagat digemari, dari anak-anak hingga orangtua. Umumnya, ayam disajikan dalam bentuk ayam goreng, ayam bakar dan opor. Namun di Jawa Timur ada suatu olahan makanan bernama Ayam Lodho. Olahan ini disantap dengan nasi uduk dan urap sayur. Ayam lodho dari Tulungagung dan Trenggalek yang paling populer. Di Tulungagung, ayam lodho dikenal sebagai salah satu kuliner unggulan, selain menjadi menu khas, juga sering dipakai di dalam kegiatan-kegiatan tradisional, seperti selamatan, syukuran dan lain-lain.

Apa bedanya ayam lodho dengan kari ayam? Kurang lebih sama. Yang membedakan, sebelum ayam dimasak dengan bumbu santan, ayam lodho lebih dulu dibakar, jadi tekstur ayam terlihat sedikit gosong. Ciri khas lainnya adalah pada bumbu santannya, bumbu lodho mempunyai cita rasa rempah yang kuat dan juga pedas, tak lupa dilengkapi dengan nasi gurih/nasi uduk.

Bagi penikmat makanan pedas, nasi lodho Tulungangung bisa menjadi referensi kuliner Anda.

1 komentar:

OXY Drinking Water