Kamis, 08 Desember 2011

TEGAL DAN SEKITARNYA


Kota Tegal, adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini berbatasan dengan Kabupaten Brebes di sebelah barat, Laut Jawa di sebelah utara, serta Kabupaten Tegal di sebelah timur dan selatan. Ada beberapa obyek Wisata yang dapat di kunjungi antara lain :

PANTAI ALAM INDAH ( PAI )

Letak pantai ini tidak jauh dari pusat kota Tegal, tepatnya berada sekitar 500 meter utara jalan Yos Sudarso kota Tegal. Pantai ini di lengkapi anjungan, gardu pemantau, waterboom, Monumen Bahari dan panggung hiburan. Untuk masuk ke tempat wisata ini pun juga sangat murah, yaitu cukup dengan Rp. 1.500,- kita sudah dapat menikmati indahnya pantai di kota ini.
Walaupun tidak seindah pantai yang ada di Selatan Jawa dengan pasir putihnya, pantai ini terus dimaju kembangkan oleh Pemerintah Kota Tegal. Penambahan sarana dan prasarana objek tersebut terus dibenahi dengan tujuan meningkatkan pendapatan daerahnya di sektor pariwisata.
Salah satu sarana yang dibangun Pemerintah Kota Tegal adalah anjungan yang ­panjangnya mencapai 250 meter dan kapal restorasi bernama ­ Lor ing Margi. Jenis restoran apung tersebut bisa dibilang satu-­satunya di Jateng, kapal Lor Ing Margi resmi beroperasi bulan Agustus 2009  Laun­ching dilakukan Wali Kota Tegal H Ikmal Jaya SE Ak. Kapal tersebut merupakan kapal kargo yang biasa digunakan untuk mengangkut kayu dari Kalimantan. Namun sejak tahun 2007, oleh PT Tegal Shipyard Utama, kapal yang memiliki panjang 45 meter dan lebar 12,5 meter itu disulap menjadi sebuah kapal restorasi (restoran terapung).
Kapal Lor Ing Margi tak hanya berfungsi sebagai restoran, namun juga dapat digunakan sebagai kegiatan rapat, acara pernikahan dan pesta ulang tahun atau acara syukuran. Sebab, kapal tersebut juga menyediakan restoran dengan daya tampung lebih dari 150 orang.

PEMANDIAN AIR PANAS GUCI

Pemandian Air Panas Guci atau lebih dikenal dengan OW Guci, terletak di Kecamatan Bumijawa di lereng Gunung Slamet, sekitar 30 km dari kota Slawi.
Di Guci terdapat 10 air terjun. Diantaranya adalah Pemandian Pancuran 13, yang memang memiliki pancuran berjumlah 13 buah. Di Pancuran 7, penduduk setempat sering berendam dan mandi, karena dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit. Naik ke atas lagi terdapat air terjun Jedor (diambil dari nama Lurah pada zaman dahulu). Di Guci juga disewakan kuda untuk menikmati pemandangan sekitar dengan harga terjangkau. Obyek Wisata Guci sangat ramai terutama pada malam Jumat Kliwon, beberapa orang mempercayai dengan alasan mistis.Obyek wisata ini tersedia berbagai macam fasilitas seperti penginapan, wisata hutan (wana wisata), kolam renang air panas, lapangan tennis, lapangan sepak bola, hotel, villa dan bumi perkemahan.

GERBANG MAS BAHARI WATER PARK

Gerbang Mas Bahari Waterpark berlokasi di dekat Terminal Kota Tegal. Bahari Waterpark dibangun di areal seluas kurang lebih 5 hektar.
Bahari Water Park ini adalah salah satu dari 4 water park di Indonesia yang mempunyai Kolam Ombak setelah Jakarta, Solo dan Surabaya.
Dengan biaya Rp. 15.000 (Senin – Jumat) atau Rp. 25.000 (Sabtu – Minggu & hari libur) Anda bisa mencoba beberapa wahana seperti Kiddy Pool, Olimpic, Kolam Arus, Lapangan Futsal, dan masih banyak lagi.
Menuju ke Bahari Water Park, apabila dari arah Brebes, Bahari Water Park berlokasi di kiri jalan Pantura setelah Terminal Bis Kota Tegal. Namun apabila dari arah Pemalang, dari perempatan Maya, masih ke barat, hingga Pasific Mall, Hotel Baharai Inn, masih terus hingga kurang lebih 200 meter. Lokasinya di kanan jalan, namun hati-hati, saat berbelok, karena tidak ada lampu lalu lintasnya. Apabila bingung, di tengah jalan juga ada papan penunjuk lokasi.

PANTAI PURWAHAMBA INDAH

Suburnya tumbuhan nyiur meneduhkan suasana di tepi pantai. Kenyamanan ini semakin bertambah indah ketika pandangan mata tertuju pada ombak laut berwarna biru jernih serta berombak tenang. Pesisir pantai pun dapat dinikmati dari tengah laut. Suasana demikian tergambar nyata di obyek wisata alam Pantai Purwahamba Indah Kabupaten Tegal. Kapal pesiar laut Pertiwi I dan Pertiwi II yang siap membawa wisatawan jalan-jalan ke tengah lautan sebagai wujud perhatian Pemkab Tegal. Kapal bantuan dari Gubernur Jawa Tengah itu mampu memikat pengunjung karena wisatawan dapat menikmati pemandangan pesisir dari tengah laut.
Di tempat ini memang sangat ideal untuk rekreasi, santai, terlebih lagi bagi mereka yang sedang melakukan perjalanan jauh melewati jalur lalu lintas antara Jakarta - Surabaya lewat pantai utara dapat beristirahat sejenak untuk refreshing.
Akses menuju lokasi, dari terminal bus kota Tegal +/- 14 km ke arah timur jurusan Pemalang - Pekalongan - Surabaya. Dapat di tempuh dengan kendaraan umum, bus dan colt mini.

TAMAN POCI : Taman kecil yang terletak di depan Stasiun KA Tegal dilengkapi dengan permainan anak2 dan dihiasi lampu hias, cocok buat keluarga yang ingin "jagongan" karena banyak pedagang kaki lima yang menjajakan makanan khas Tegal + Teh Poci


WADUK CACABAN


Waduk Cacaban adalah sebuah bendungan yang terletak di Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Luas areal waduk adalah 928,7 ha dan berisi air sebanyak 90 juta m³. Waduk ini didukung dengan latar belakang pemandangan hutan dengan panorama yang indah.
Waduk Cacaban diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1952. Waduk ini sebenarnya berfungsi mengairi sawah-sawah di sekitarnya, namun juga difungsikan sebagai obyek wisata. Letaknya tidak jauh dari Slawi, lebih kurang 9 km ke arah timur tepatnya di desa Karanganyar, Kecamatan Kedungbanteng, dan merupakan salah satu obyek wisata di daerah tersebut. Cacaban adalah objek wisata andalan di Kabupaten Tegal, selain Wisata Guci dan Pantai Purwahamba Indah. Wisatawan dapat menikmati suasana santai, dengan memancing ikan, jalan-jalan di atas bendungan ataupun dapat mengelilingi waduk dengan kapal motor. Adapun makanan khasnya adalah aneka ikan air tawar yang setiap saat tersedia.
Fasilitas wisata yang ada:
  • Arena pemancingan yang luas
  • Jalan-jalan di atas waduk/bendungan
  • mengelilingi waduk dengan kapal motor
  • sepeda air
Karena dari segi kualitas lingkungan kondisi Cacaban sedang menurun, oleh kantor pariwisata setempat telah diupayakan penggalakan agrowisata dengan menanami sebagian wilayah Cacaban dengan tanaman buah-buahan.

CURUG PUTRI


Adalah sebuah air terjun di wilayah perbatasan sebelah selatan antara Tegal dan Brebes. Curug Putri merupakan aliran dari Sungai Kalipedes yang berhulu di Gunung Slamet. Curug Putri atau Air terjun ini memiliki ketinggian +- 25 meter memisahkan Desa Dukuhbenda, Bumijawa, Tegal yang merupakan wilayah Kabupaten tegal dengan desa Padanama Kecamatan Sirampog yang masuk ke wilayah Kabupaten Brebes. Sebelah timur curug ini adalah pedukuhan Dukuhtengah yang pada tahun 2008 mengalami longsor. Bencana tersebut mengakibatkan rusaknya jalan menuju pedukuhan tersebut. 


TELAGA AIR CEMPAKA

Obyek wisata Telaga Air Cempaka berada di Desa cempaka, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, konon dikabarkan sebagai telaga yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat, Telaga Air Cempaka merupakan obyek wisata alam yang dikelilingi pegunungan dengan hawa sejuk dan pepohonan rindang.
Obyek wisata ini akan memanjakan para pengunjung untuk berlama-lama dan betah di lokasi karena selain berkondisi sejuk juga bisa menikmati keindahan panorama telaga dengan kondisi air yang jernih dan dingin.

4 komentar:

OXY Drinking Water