Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Rabu, 05 September 2012

Pulau Derawan, Primadona Wisata Bahari Kalimantan Timur

Tahukah Anda, bahwa salah satu Taman Bawah Laut yang dicari turis asing, terutama penyelam kelas dunia ada di Pulau Derawan? Dr. Carden Wallace dari Museum Tropis Queensland Australia, pernah meneliti kekayaan laut Pulau Derawan dan menjumpai lebih dari 50 jenis Arcropora (hewan laut) dalam satu terumbu karang. Tidak salah kiranya kalau Pulau Derawan terkenal sebagai urutan ketiga teratas di dunia sebagai tempat tujuan menyelam bertaraf internasional. Tidak perlu jauh-jauh, hanya dalam jarak 50 meter dari bibir pantai, kita sudah dapat menyaksikan terumbu karang yang indah dan ikan-ikan beraneka warna hilir mudik. Airnya sangat bening. Bila ingin menyelam lebih dalam, kita dapat menemukan ikan-ikan yang lebih "eksotis" seperti kerapu, ikan merah, ikan kurisi, ikan barracuda, teripang dan kerang. Pada batu karang di kedalaman sepuluh meter, terdapat karang yang dikenal sebagai "Blue Trigger Wall", karena pada karang dengan panjang 18 meter tersebut banyak terdapat ikan trigger (red-toothed trigger fishes). Anda akan temukan juga kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung, ubur-ubur stingles dan ikan hiu Derawan disini merupakan salah satu satu keragaman hayati di dunia. Seluruh wilayah konservasi laut ini luasnya tidak kurang dari 1,27 hektar. Disinilah Anda dapat menemukan 460 jenis karang. Pengurus tempat konservasi dan tim ahli internasional juga menemukan lebih dari 870 jenis ikan di sini, mulai dari kuda laut kerdil, hingga pari manta raksasa. Dalam beberapa hari, sekelompok pari manta ini dalam jumlah yang banyak sekitar 50 ekor terlihat makan bersama di perairan Derawan.
Pulau Derawan dengan hamparan pasir putih dan air yang jernih, merupakan salah satu pulau di wilayah Kalimantan Timur, Indonesia, tepatnya di Berau di selat Sulawesi dan tak jauh dari perbatasan Malaysia.  Terkadang saat duduk di jembatan kayu yang mengarah ke laut, kita dapat menyaksikan penyu-penyu hijau hilir mudik di permukaan air yang bening. Sesekali bahkan penyu-penyu tersebut nampak berkeliaran di sekitar cottage yang berada di pesisir pulau. Saat malam tiba, beberapa penyu naik ke darat dan bertelur di sana. Paduan warna laut dan lumut yang memukau menghasilkan gradasi warna biru dan hijau, serta hutan kecil di tengahnya, membuat pulau ini menyajikan perkampungan alam begitu indah yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.
Untuk mencapai pulau ini, jika Anda wisatawan asing dan travel Anda "tembak langsung" berangkat ke Singapura atau ke Sabah, bisa melanjutkan perjalanan ke Balikpapan. Dan untuk yang berangkat dari Jakarta, Yogyakarta, Surabaya atau Denpasar, Anda pun mesti menuju ke Balikpapan dulu. Kurang lebih dua jam waktu tempuh penerbangan dari Jakarta ke Balikpapan. Dari Balikpapan, Anda masih harus terbang menuju Tanjung Redep selama satu jam dengan menaiki pesawat kecil yang dilayani oleh KAL Star, Deraya atau DAS. Selain itu, Tanjung Redep juga bisa dicapai melalui laut dengan menaiki kapal dari Samarinda atau Tarakan ke Tanjung Redep dilanjutkan dengan menyewa motorboat menuju Pulau Derawan dengan lama perjalanan kurang lebih 2 jam. Banyak wisatawan manca negara yang baru turun dari pesawat di Kamura Kalimarau, Tanjung Redep, langsung berangkat ke Pulau Derawan dengan motorboat yang sudah ditambatkan di sebuah pelabuhan khusus. Alternatif lain, bisa juga melalui perjalanan darat dari Balikpapan ke Tanjung Batu lalu dari sana menyeberang ke Pulau Derawan. Hanya saja ini bukan pilihan yang bagus karena perjalanan penyeberangan itu sendiri memakan waktu hingga belasan jam dengan medan yang relatif tidak menyenangkan.
Pulau Derawan menyediakan fasilitas-fasilitas tempat penginapan (cottage), penyewaan peralatan menyelam dan juga restoran. Ada pula penginapan-penginapan bertarif murah yang dikelola oleh warga sekitar. Ada kesenian setempat yang bisa Anda nikmati saat berada di sana. Kesenian yang terkenal adalah Tari Dalling, Sekayan dan Igal.
Anda tertarik? Ayo, langsung saja berlibur ke Pulau Derawan dan nikmati keindahannya. Jangan lupa mengunjungi pula Pulau Kakaban ya... Ada keunikan alam dan lingkungan yang berupa danau ubur-ubur terbesar dan paling beragam didunia ( termasuk empat spesies unik ubur-ubur stingless yang dapat berenang terbalik ), yang menjadikannya menerima anugerah "World Natural Heritage Area" (kawasan warisan dunia) dari UNESCO pada tahun 2004.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water