Sabtu, 08 Desember 2012

Hening, Eksotis Desa Giethoorn Belanda

Giethoorn adalah sebuah desa di Belanda yang dijuluki Venesia dari Utara. Sesungguhnya hanya sebuah desa terpencil di sudut barat laut dari Provinsi Overijssel, Belanda, di tepi taman nasional Weerribben-Wieden.
Desa ini tidak memiliki jalan raya, sehingga tidak ada kendaraan bermotor, baik motor atau mobil yang berlalu lalang di Giethoorn. Sebagai ganti jalan raya, penduduk menggunakan kapal atau perahu melalui kanal yang mengelilingi desa tua itu. Kanal-kanal yang menggantikan jalan raya menjadi lansekap utama yang menjadi ciri khas. Ada sekitar 7,5 km panjang kanal dan terdapat 50 jembatan kayu melintas kanal yang kedalamannya hanya kira-kira 1 meter saja. Kanal yang dangkal ini hanya cukup untuk lalu lalang perahu kecil. Rumah-rumah yang di bangun di sekitar kanal ini dihubungkan satu sama lain dengan jalan setapak dan jembatan kayu atau dengan menggunakan perahu untuk melintasi kanal. Hampir semua rumah tua yang ada, beratapkan daun semacam ilalang yang tebal dan dipotong dengan rapi. Ketebalan atap hampir sekitar 30 cm.
Keunikan ini yang membuat Giethoorn menjadi termasyhur dan kondang sebagai salah satu destinasi wisata di Belanda. Wisatawan biasanya lebih suka melakukan perjalanan di atas perahu wisata yang menggunakan mesin listrik yang disebut 'punters' atau perahu berbisik karena suaranya yang halus membelah air di kanal-kanal. Perahu yang menggunakan mesin listrik dengan volume yang tidak berisik inilah yang akan mengantarkan wisatawan menuju rumah-rumah warga. Atau berkeliling kawasan desa yang pemandangannya meawan dengan bunga-bunga bermekaran di setiap rumah penduduk. Selain naik perahu, alternatif lainnya adalah berjalan kaki atau bersepeda.
Saat musim dingin, Giethoorn adalah tujuan wisata yang sangat populer bagi skaters es. Kalau musim dingin tiba, skater dari berbagai belahan dunia akan berduyun-duyun ke Giethoorn untuk menikmati sensasi berpetualang diantara es dan salju yang berjatuhan. Sedangkan selama musim panas, wisatawan banyak berkunjung untuk berperahu berkeliling danau dan kanal menikmati pemandangan asri. Perahu-perahu disewakan per jam, dan dengan mengendarai sendiri, perahu itu bebas dipakai sesuai perjanjian.
Bagaimana bisa mencapai tempat ini? Tidak terlalu sukar, karena terdapat penawaran paket wisata one day tour ke Giethoorn yang dimulai dari kota Amsterdam. Kalau ingin berkendara sendiri, rute yang harus dilalui dari Amsterdam adalah: Almere - Lelystad - Emmeloord melalui jalan bebas hambatan A6. Kemudia setelah keluar dari Emmeloord gunakan jalan N334 ke Giethoorn. Lebih mudah bila menggunakan GPS dengan menuliskan tujuan perjalanan yaitu Giethoorn-Steeinwijkerland.
Bila ingin mengetahui suasana pemukiman orang Belanda masa lampau, Giethoorn lah tempatnya. Tidak ada gedung tinggi, gerejanya pun kecil saja. Semuanya asri dan tentram. Pilihan yang tepat bagi penyuka suasana damai dan sepi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water