Minggu, 02 Agustus 2015

Pantai Joko Tingkir, Wisata Bahari Kabupaten Pemalang

Kabupaten Pemalang memiliki potensi wisata bahari, salah satunya adalah obyek wisata pantai Joko Tingkir yang kondisi alamnya masih cukup alami. Pantai ini terletak di desa Nyamplung Sari Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang atau sekitar 12 km arah timur laut dari Ibu kota Kabupaten Pemalang. Letak pantai ini jauh dari jalur pantura. Untuk menuju lokasi, dapat mengambil jalur dari pertigaan Pasar Petarukan Jalan Raya Pantai Utara (pantura) ke arah utara sekitar 7 km. Kondisi jalan menuju lokasi sebagian besar sudah beraspal. Pantai ini dapat dijangkau sekitar 15 menit dari jalan raya Petarukan melalui jalan Desa Tegal Mlati dan Loning yang relatif lebih bagus dibandingkan akses jalan dari Petarukan via Keboijo dan Bulu. Jalan via desa Tegal Mlati hanya beberapa titik saja yang mengalami kerusakan. Selebihnya dalam keadaan bagus.
Lokasi wisata pantai Joko Tingkir memiliki luas sekitar 1,5 Ha. Sesampai di pantai, kita akan disambut deretan pohon cemara yang rimbun di sepanjang pantai. Naungan pepohonan ini membuat suasana jadi lebih teduh dan dingin. Air lautnya pun berwarna biru cerah, sesekali kita bisa melihat burung camar dan perahu-perahu tradisional hilir mudik. Di pantai ini telah disediakan banyak tempat duduk untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai. Selain itu juga terdapat sarana bermain untuk anak-anak seperti ayunan, perosotan dan jungkat jungkit. Jalan di sekitar pantai Joko Tingkir sudah dibuat dengan paving block. Tersedia juga perahu pesiar yang siap memanjakan pengunjung berwisata ke tengah laut.
Di sepanjang tepian pantai Joko Tingkir banyak terdapat warung-warung yang berjajar menyediakan aneka makanan dan minuman. Bisa mencoba pula kuliner di pondok lesehan ikan bakar yang juga terdapat di kawasan pantai.
Pantai ini lebih menarik saat menjelang sore karena panorama sunsetnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water