Senin, 04 Juni 2012

Wisata Arung Jeram di Sungai Bali

Sungai di Bali, selain sebagai sumber irigasi persawahan, juga merupakan tempat yang cocok untuk berwisata arung jeram atau lebih dikenal dengan istilah Rafting. Alam sungai yang masih alami dengan arusnya yang penuh tantangan membuat wisata arung jeram atau rafting di Bali menjadi salah satu pilihan favorit para wisatawan yang sedang berlibur di Bali. Terdapat 2 nama sungai yang dijadikan tempat utama kegiatan petualangan ini, antara lain : Sungai Ayung, yang terletak di desa Petang, Sangeh, Badung dengan tingkat kesulitan level 2, serta Sungai Telagawaja di desa Muncan Karangasem dengan tingkat kesulitan level 3-4.

Arung Jeram Sungai Ayung

Starting Point dimulai di daerah Petang, sekitar 1 jam perjalanan dari Denpasar. Perahu yang digunakan biasanya perahu karet (raft) yang berkapasitas 5 orang, dipandu oleh guide sepanjang 11 km dan memerlukan waktu kurang lebih 2 jam. Karakter sungai Ayung ini sangat bagus untuk olahraga rafting sambil menikmati suasana persawahan, hutan tropis dan suasana desa yang masih asri. 

Sebelum turun ke sungai, persiapkan diri Anda dengan memakai life jacket, helm dan paddle yang telah disiapkan. Pilih yang ukurannya pas, biar terasa nyaman. Sebelum rafting dimulai biasanya akan diberikan panduan oleh para instruktur yang berpengalaman, bagaimana cara memegang paddle, bagaimana cara mengayuh dan sebagainya. 

Di sepanjang sungai Ayung ini, Anda akan melewati beberapa hotel besar yang terdapat didaerah Ubud, melewati tebing-tebing tinggi, pohon-pohon besar dan merambat dan tentunya air terjun yang menjadi central point dari perjalanan ini.

Setelah lelah menikmati rafting, Anda bisa beristirahat sambil makan siang di restoran yang telah disediakan khusus bagi peserta rafting. Cocok untuk usia 8-65 tahun.

Arung Jeram Sungai Telagawaja

Dibandingkan dengan Sungai Ayung, Telagawaja memiliki tantangan yang sangat menantang dan seru. Mengalir jernih dengan arus yang cukup deras. Dengan beberapa jeram dengan tinggi hampir 5 meter (tapi sangat aman) dan bebatuan sebagai rintangan menjadi pilihan yang cocok bagi para petualang untuk memacu adrenalin serta menguji nyali.

Daya tarik lain adalah pesona alam yang indah dan menyegarkan yang didukung oleh keberadaan sawah-sawah bertingkat dengan aktifitas para petani tradisional dan juga perkebunan, juga pemandangan gunung Agung yang menjulang tinggi di sisi utara. 

Makanya, buruan coba... Bagi yang pertamakali melakukan aktivitas petualangan ini, sungai Ayung merupakan tempat yang cocok untuk mencoba. Sedangkan untuk yang ingin merasakan petualangan lebih dahsyat lagi Sungai Telagawaja adalah pilihan tepat. Get wet ... and more fun ...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water