Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Senin, 13 Agustus 2012

Marseille Calanque

Calanque adalah formasi geologi dalam bentuk lembah yang dalam dengan sisi-sisi curam dan sebagian terendam laut. Calanques antara Marseille dan Cassis yang populer di kalangan wisatawan maupun penduduk setempat. Wilayah itu menawarkan beberapa titik pandang yang memungkinkan wisatawan menikmati panorama spektakuler. Yang paling terkenal dari formasi ini dapat ditemukan di Massif des Calanques di Bouches-du Rhone di Perancis, dengan panjang 20 km dan lebar 4 km sepanjang pantai antara Marseille dan Cassis, yang berpuncak pada Marseilleveyre (432m) dan Gunung Puget (565m). Termasuk di dalamnya adalah Calanque de Sormiou, Calanque de Morgiou, Calanque de'En-Vau, Calanque de Port-Pin dan Calanque de Sugiton.
Calanque sebenarnya sungai, kemudian selama glasiasi, gleser menyapu daerah ini sehingga memperdalam lembah-lembah yang pada akhir glasiasi, air laut mulai memenuhi bagian-bagian yang rendah dari tempat ini. Batuan dan tebing bervariasi tergantung lokasinya, seperti Calanques Marseille terbentuk dari batu kapur tersier, Calanques Cassis terbentuk dari bebatuan era sekunder, Calanques Esterel terbentuk dari porfiri granit, Calanques Corsica terbentuk dari batu kapur, tetapi bebatuan yang lebih tua terlihat di sana sini.
Ekosistemnya adalah tebing batu kapur dan di tempat-tempat yang agak landai banyak ditumbuhi semak evergreen seperti sage, juniper dan murad
Iklim di Calanques adalah kering. Kelembaban yang datang hanya dari penguapan laut.  Calanques juga menjadi tempat tinggal kelinci, rubah, gagak dan elang besar Bonelli, serta reptil dan babi hutan. 
Sejumlah besar pejalan kaki sering mengunjungi daerah ini dengan mengukuti jalan-jalan yang telah di beri tanda. Tebing juga sering digunakan sebagai tempat pelatihan bagi pemanjat tebing. Sebagian besar Calanques tertutup untuk umum selama musim panas (biasanya bulan Juli sampai September) karena resiko kebakaran hutan yang sering terjadi selama musim kemarau.Waktu terbaik untuk mengunjungi Calanques Maret sampai Mei, ketika suhu masih cukup segar dan tidak seperti musim gugur dan musim dingin, hujan biasanya cukup langka. Karena tidak ada sumber air tawar, disarankan untuk membawa sejumlah besar air, terutama selama musim panas untuk mencegah dehidrasi serius. Perahu wisata juga tersedia baik mulai dari Marseille, Cassis atau La Ciotat yang dapat memberikan perjalanan spektakuler. Dengan berperahu, wisatawan bisa melihat Gua Cosquer yang merupakan gua bawah laut di Calanque de Morgiou, 37 m di bawah air yang dulunya di huni selama masa Paleolitik, ketika permukaan laut jauh lebih rendah dari sekarang. Dindingnya ditutup dengan lukisan dan ukiran antara abad 27000 dan 19000 SM yang menggambarkan hewan darat seperti banteng dan kuda serta mamalia laut seperti anjing laut dan penguin.




sumber: berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water