Jumat, 22 Juli 2016

Gili Labak, Pulau Kecil Berpantai Pasir Putih dan Air yang Tenang


Gili labak adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah tenggara Pulau Puteran atau Pulau Madura. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Ibu kota Kecamatan Talango berada di Pulau Puteran. Pulaunya membentang sepanjang 5 hektar dan dapat dikelilingi kurang dari satu jam.

Gili labak dikenal memiliki biota laut yang beragam. Selain itu pulaunya dikelilingi pasir putih bersih. Taburan pasir putih, air laut yang jernih serta perairan pinggir pantai yang tenang akan kita jumpai bila berkunjung ke sana. Namun perlu diperhatikan juga bahwa kebanyakan dari mereka hanya bisa berbahasa Madura.

Untuk mencapai Gili Labak dari Sumenep, tidak ada kendaraan reguler. Jalan satu-satunya adalah menyewa perahu-perahu nelayan Sumenep. Untuk mendapatkan harga sewa perahu yang murah, sebaiknya berangkat bersama 8-10 orang. Rute yang bisa Anda tempuh jika dari Surabaya, dari Terminal Bungurasih naik bus arah ke Madura dengan pemberhentian terakhir di Terminal Sumenep atau di Pelabuhan Kalianget dan melewati Tol Suramadu sehingga waktu tempuh total sekitar 4 hingga 5 jam. Untuk bus ekonomi pada keberangkatan pagi atau siang hari, jalur yang dilewati adalah menggunakan ferry melalui Pelabuhan Tanjung Perak sehingga waktu tempuh sekitar 6 jam perjalanan.

Gili Labak merupakan pulau yang berada di ujung timur Pulau Madura. Tempat wisata ini belum banyak orang mengetahuinya sehingga masih jarang wisatawan berkunjung ke sana.

Beningnya air laut membuat kita dapat menikmati gugusan terumbu karang yang indah. Laut di sekitar pantai ini mempunyai terumbu karang dan biota laut beragam. Tetapi untuk menikmati hobi snorkeling tersebut, disarankan untuk membawa perlengkapan sendiri karena belum ada tempat persewaan perlengkapan snorkeling. Penunjang fasilitas di Pantai Gili Labak ini tergolong sangat kurang. Namun bagi Anda yang ingin merasakan pulau pribadi dan pantai yang masih alami, Gili Labak tempatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water