Entri yang Diunggulkan

Jangan Merapikan Tempat Tidur Sebelum Meninggallkan Kamar Hotel

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum check out dari kamar hotel? Selain memastikan tidak ada barang yang tertinggal, tamu hotel yang baik ...

Kamis, 04 Juni 2015

Kebun Raya Baturaden, Jawa Tengah

Kebun Raya Baturaden terletak di Desa Kemutuk Lor, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas dan berada sekitar 14 km dari kota Purwokerto, sekitar 1,5 km dari gerbang utama Wana Wisata Baturaden. Kebun Raya Baturaden berada di kaki Gunung Slamet petak 1 dan 3, RPH Baturaden, BKPH gunung Slamet barat KPH Banyumas timur dibatasi sebelah utara petak 4 dan 5 hutan produksi terbatas, sebelah barat petak 2 hutan produksi terbatas, sebelah selatan petak 1 lokawisata Baturaden dan bumi perkemahan, sebelah timur petak 6 hutan produksi terbatas. Topografi landai sampai berbukit dengan kemiringan 20% s/d 70% dan ketinggian +600-750 mdpl dengan jenis tanah umumnya jenis latosol berwarna merah kecoklatan.
Keadaan suhu udara Kebun Raya Baturaden berkisar antara 20-30 derajat celsius dengan curah hujan sangat tinggi (5.000-6.174 mm/th).
Kebun raya Baturaden kaya akan berbagai jenis flora. Jenis-jenis flora yang berada di kawasan kebun raya Baturaden adalah damar (Agathis borneensis), puspa (Schima Wallichii), rasamala (Altingia Excelsa), mahoni (Switenia macrophylla), kaliandra (Callyandra sp), paku-pakuan, kantong semar dan jenis-jenis anggrek.
Luas keseluruhan mencapai 143,5 ha dan terletak di kawasan wana wisata Perum Perhutani. Pohon-pohon yang ada berusia antara 3-64 tahun.
Selain berbagai jenis flora terdapat juga jenis-jenis fauna yang hidup secara bebas seperti babi hutan, ayam hutang, kijang, kera, wau wau, elang jawa, musang, ular dan jenis-jenis lainnya.
Akses menuju Kebun Raya Baturaden cukup bagus karena tersedia jalan beraspal menuju obyek wisata pemandian air panas Baturaden dan obyek wisata lainnya. Dalam kawasan Kebun Raya Baturaden juga terdapat Selter sebagai tempat peristirahatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OXY Drinking Water